Wabup Kasmidi Bulang Sembelih Hewan Kurban di Masjid Agung Al-Faruq Sangatta

oleh -510 views
Pemotongan Sapi Kurban di Kutim

Sangatta – Setelah menunaikan sholat Idul Adha di Masjid Besar At Taubah Kecamatan Sangatta Selatan, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, melanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Faruq Sangatta pada Kamis (29/06/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Kasmidi Bulang didampingi oleh Ketua Pengurus Masjid, Wasis, dan Ketua Panitia Ibadah Kurban, Yaqub Fadillah. Sebagai bentuk pelaksanaan kurban atas namanya, Wabup Kasmidi Bulang menyembelih satu ekor sapi.

Setelah selesai melakukan penyembelihan, Wabup Kasmidi Bulang memberikan pernyataan kepada awak media. Dia mengungkapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1444 H merupakan kesempatan untuk saling memberi dan berbagi di antara sesama. Ia berharap bahwa dengan melaksanakan qurban pada tahun ini, manusia dapat memahami makna yang terkandung dalam berqurban, dan melalui perbuatan tersebut, dosa-dosa yang telah lewat dapat diampuni.

Baca Juga :  Joni Berikan Apresiasi Terhadap Pencapaian Pemkab Kutim di Bawah Kepemimpinan AS-KB

“Semoga dengan kita melaksanakan qurban pada Idul Adha di tahun ini, kita menjadi manusia yang bisa memaknai arti dari berqurban, dan dengan berqurban kita kembali suci, yang artinya dihapuskan segala dosa-dosa yang telah lalu,” ucap Kasmidi Bulang.

Baca Juga :  Pemkab Kutim Rencanakan Akan Berikan Keringanan Berupa Penghapusan Bea BPHTP Khusus PTSL

Adapun pembagian daging qurban rencananya akan didistribusikan langsung ke masyarakat, dan tidak akan dibagikan di tempat penyembelihan.

Dalam hal ini, Ketua Panitia Pemotongan Kurban, Yaqub Fadillah, menjelaskan bahwa pembagian daging qurban didasarkan pada rekomendasi dari sohibul qurban dan lingkungan sekitar. Panitia telah menunjuk seorang koordinator yang bertanggung jawab atas distribusi daging tersebut.

“Jumlah hewan kurban di Masjid Agung Al Farouk Sangatta sebanyak 12 ekor sapi dan satu ekor kambing, dimana dari jumlah sapi tersebut merupakan hewan qurban dari Bupati Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, dan Sekda Rizali Hadi,” ujar Yaqub.

Baca Juga :  Jumat curhat bersama Polres Kutai Timur

Selain itu, Yaqub menjelaskan bahwa sisanya adalah hewan kurban yang berasal dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kutai Timur, antara lain PT. KPC, Tri Putro Agro Persada Group, Dharma Satya Nusantara Group, PT. Indeksim, PT. GAM, serta dari Perangkat Daerah seperti Dinas Pertanian, Cipta Karya DPU, dan PDAM. Terdapat juga satu ekor kambing yang merupakan hewan qurban atas nama Muhammad Fadil.(bk)