Kodim Salurkan BTPKLW bagi 1.200 Penerima Bantuan, Asisten II Harap Bisa Digunakan Sebagai Modal Usaha

oleh -

SANGATTA, BERITA ETAM – Asisten (II) Perekonomian dan Pembangunan Suroto, mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menghadiri penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) senilai Rp 1,4 miliar kepada 1.200 orang, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto, Kamis (14/10/2021) di Aula Makodim.

Dalam kesempatan itu, Suroto atas nama Pemerintah Kabupaten memberikan apresiasi setinggi-tingginya, kepada jajaran TNI telah menyalurkan bantuan tunai untuk masyarakat Kutim. Suroto berharap dengan bantuan itu, bisa menjadi modal usaha bagi PKL dan warung yang ada di Kutim. Kepala penerima bantuan (PKL dan warung, agar digunakan sebaik-baiknya.

“Kami dari pemkab sangat berterimakasih sekali, harapannya bagi penerima dapat menggunakan dengan sebaiknya, kami juga sangat mengapresiasi pada jajaran TNI-POLRI terus membantu pemerintah dalam hal vaksinasi, untuk para pedagang yang belum vaksin ayo segera laksanakan, hingga sekarang capaian vaksinasi baru sampai 37 persen,” tutup Suroto.

Baca Juga :  BAN Kaltim, Gelar Sosialisasi Akreditasi IASP Serta Evaluasi Hasil Akreditasi di Kutim

Sebelum menyerahkan bantuan, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto mengatakan bantua itu merupakan program untuk pemulihan ekonomi nasional. Juga merupakan kebijakan dari keuangan negara, dilaksanakan oleh pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Serta menghadapi ancaman yang membahayakan stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan perekonomian negara.

“Sasarannya ialah, pedagang kaki lima dan warung memang selama ini belum pernah menerima bantuan dalam bentuk apapun selama pandemi,” jelas Heru.

Baca Juga :  Pansus Sampaikan Catatan Penting Terkait Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

Lebih lanjut Ia membeberkan, dari 1.200 penerima tersebar di 18 kecamatan se Kutim, sebelumnya seluruh jajaran Koramil yang ada di Kutim, menggerakkan Babinsanya untuk mendata langsung warga yang memang patut menerima sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Jadi ada verifikasi yang dilakukan kurang lebih tiga bulan lamanya. Kenapa selama itu? Guna mencegah terjadinya kesalahan, penerima bantuan. ingin ada penerima BTPKLW ini sampai double. Jadi 1.200 orang ini benar-benar yang belum pernah menerima bantuan,” terang Heru.

Adapun rincian bantuan yang disalurkan berdasarkan data validasi yakni, Koramil 01/Sangatta sebanyak 300 orang. Berikut, Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung, wilayah Koramil 02/Sangkulirang sebanyak 150 orang . Kemudian di Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaubun, Kaliorang (Koramil 03/Wahau) sebanyak 150 orang dan di Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, dan Telen.

Baca Juga :  Ery Mulyadi Kepala Diskominfo Perstik Kutim : Dukung Program Prioritas Bupati dan Wabup "Merdeka Signal"

Selanjutnya, Koramil 04/Muara Ancalong sebanyak 150 orang di Kecamatan Muara Ancalong, Long Mesangat, Telen, Koramil 05/Muara Bengkal sebanyak 150 orang di Kecamatan Muara Bengkal, Batu Ampar, Koramil 06/Bengalon sebanyak 150 orang di Kecamatan Bengalon, Kaliorang, dan Koramil 07/Teluk Pandan sebanyak 150 orang di Kecamatan Teluk Pandan.

“Semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” tutupya.(etam2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.