Kadis TPHD Kutim : Jelang Idul Fitri Ketersediaan Daging dan Telur Aman

oleh -162 views
IMG 20230301 WA0102

SANGATTA – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHD) Kutim memastikan ketersediaanbahan pokok khususnya daging dan telur di Kutim menjelang hari raya idul fitri 1444 Hijriah tercukupi.

“Hingga saat ini surat rekomendasi untuk kedatangan sapi untuk masuk ke Kutim sudah 172 ekor yang terdiri dari 95 sapi jenis limosin dan sisanya sapi Bali,” ujar Kadis TPHD Dyah Ratnaningrum kepada awak media usai mengikuti rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di ruang Tempudau kantor Bupati pada Senin(10/04/2023).

Baca Juga :  Pemerintah Kutai Timur Berencana Memberikan Beasiswa Kuliah Kedokteran Bagi Putra-Putra Daerah

Sedangkan untuk kebutuhan daging selama Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri, dirinya memperkirakan Kutim memerlukan sedikitnya 966 ekor sapi, sementara stok yang tersedia saat ini sudah mencapai 574 ekor termasuk yang berasal dari para peternak lokal.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi Gelaran PT.KPC, Kasmidi Berharap Kutim Turun Ke Level 2

“InsyaAllah stok daging hingga lebaran nanti aman, karena ijin masuknya sapi dari luar sudah ada tinggal menunggu saja, ” ucap Dyah biasa ia di sapa.

Meskipun hingga saat ini masih mengandalkan peternak dari luar daerah, kebutuhan telur menjelang Idulfitri ini, masih dalam kategori aman, mengingat, hasil produksi para peternak lokal juga mampu membantu menutupi jumlah kebutuhan telur yang cukup tinggi di Kutim.

Baca Juga :  Menjelang Idul Fitri 2022, Pemkab Kutim Gelar Rapat Lintas Sektoral » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim

“Produksi peternak lokal kita perharinya bisa mencapai 3,5 ton per hari atau 105 ton dalam satu bulan, sementara kebutuhan selama Ramadhan hingga Idul Fitri ini sebanyak 218 ton,” bebernya. (G-S08)