Ikuti Bimtek, Diskominfo Staper Diharapkan Mengalami Peningkatan Kualitas SDM

oleh -586 views
bimtek jogjaa

YOGYAKARTA – Pada tanggal 15 hingga 17 Mei 2023, Pelatihan atau Bimbingan Teknis (Bimtek) resmi digelar di Hotel Neo, Yogyakarta. Pelatihan yang bertemakan “Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dan Strategi Menghadapi Audit dalam Penyusunan dan Pengelolaan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah” ini digelar atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Dalam Negeri (Pusdiklat Permendagri).

Pelatihan tersebut dikhususkan bagi Sub Bagian Program Perencanaan dan Keuangan untuk meningkatkan kinerja dalam proses tata usaha dan pelaporan keuangan daerah. Peserta pelatihan antara lain adalah bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran serta staf keuangan pada Diskominfo Staper Kutim yang secara total berjumlah 8 orang. Materi pelatihan diberikan oleh Narasumber dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan mencakup aturan serta contoh pemecahan masalah administrasi keuangan di berbagai daerah.

Baca Juga :  Poniso : Kita Harus Lebih Giat Lakukan Sosialisasi Tentang Bahaya Karhutla

Melalui Sekretaris Diskominfo Staper Kutim, Rasyid, Kepala Diskominfo Staper Kutim Ery Mulyadi menegaskan bahwa dalam prosesnya, penatausahaan dan pelaporan keuangan perlu mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Guna Penentuan Pemasangan Rambu di Ringroad, Dishub Kutim Gelar Survey Awal Jalan

“Jadi upaya kita dalam meningkatkan tata kelola keuangan di Kutim secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan. Kita harus paham ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. Tentu hal itu harus kita patuhi dan terapkan dalam tertib administrasi untuk efisiensi, efektifitas, transparansi, bertanggung jawab serta memperhatikan azas keadilan dan kepatuhan kepada aturan,” ujar Rasyid.

Rasyid melanjutkan, terkait harapan dari hasil Bimtek ini “Mudah-mudahan dengan penyelenggaraan Bimtek ini, dapat meningkatkan pemahaman kita semua terkait pengimplementasian proses penatausahaan dan pelaporan keuangan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang benar dan meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan keuangan daerah.”sambungnya.

Baca Juga :  BKPSDM Kutim Menggelar Pembekalan dan Ujian Dinas untuk PNS

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Pelatihan Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dan Strategi Menghadapi Audit dalam Penyusunan dan Pengelolaan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah dengan ini secara resmi dibuka.” Dengan berakhirnya sambutan dari Sekretaris Diskominfo Staper Kutim tersebut, pelatihan resmi dibuka.(Bk)