Galakkan Olahraga Tradisional, Sangasanga Gudang Atlet Ketapel

oleh -273 views
komunitas ketapel kecamatan sangasanga

KUTAI KARTANEGARA – Galakkan olahraga tradisional, Sangasanga gudang atlet ketapel. Kecamatan Sangasanga merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain menjadi penghasil minyak, Kota Juang ini juga banyak mencetak atlet olahraga tradisional, salah satunya ialah olahraga ketapel.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya animo masyarakat Sangasanga, yang mulai belajar olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat (KORMI).

Baca Juga :  Bangun Ekonomi Desa Melalui BUMdes

Menurut penuturan Ali Mustofa, salah satu pengrajin ketapel ini menyebutkan, mulai tahun 2022 ini komunitas ketapel yang ada di Sangasanga sudah mencapai 30 orang.

“Kami warga Sangasanga, mengenal olahraga tradisional ketapel semenjak awal tahun 2022, berawal dari kegiatan tahunan 27 Januari yang digelar Kecamatan Sangasanga, olahraga tradisional ketapel masuk kedalam rangkaian kegiatan HUT Kecamatan Sangasanga,” tuturnya. Sabtu, (7/5/2022).

Baca Juga :  DPRD Kutim Raperda Perlindungan Perempuan Sangat Perlu Sebagai Payung Hukum

Galakkan Olahraga Tradisional, Sangasanga Gudang Atlet Ketapel

Momumen Kota Juang Sangasanga.

Baca Juga :  Dilantik Jadi Kadis Kelautan dan Perikanan Kutim, Suriansyah Siap Bantu Wujudkan Visi Misi Pembangunan

Ia menambahkan, selain membantu meningkatkan konsentrasi pemakainya, olahraga ketapel ini juga untuk mengurangi anak-anak bermain gadget.

“Ini merupakan hal positif, selain melestarikan olahraga tradisional, kita juga mendidik anak-anak untuk mencintai kearifan lokal dan yang tidak kalah penting ialah mengurangi anak-anak bermain gadget,” pungkas ia.