Forum Anak Kutim Sampaikan Beberapa Aspirasi di Musrenbangkab 2023

oleh -138 views
IMG 20230404 WA0067

SANGATTA – Forum Anak Kabupaten Kutai Timur (Kutim) turut menyampaikan aspirasi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kutim Tahun 2023

Dihadapan semua peserta Musrenbangkab ini, Regina perwakilan Forum Anak yang bersekolah di SMKN 1 Sangatta Utara menyampaikan beberapa usulan kepada pemerintah.

Salah satu usulannya adalah agar dibentuk lembaga Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang standar dan bisa diakses secara langsung maupun secara online, bisa melalui sosial media maupun website.

“Lembaga ini berisi tempat bermain anak, pusat informasi bagi anak-anak seperti informasi kreativitas anak, informasi seni dan budaya, informasi beasiswa, informasi yang berisi edukasi bagi anak dan sebagainya,” tutur Regina.

Baca Juga :  Joni, MTQ Jadi Momen Meningkatkan keimanan Serta Menjalin Tali  Silaturahmi

Regina perwakilan Forum Anak Kutim.

Dirinya berharap tempat tersebut (PISA) nantinya menjadi tempat anak-anak untuk menambah pengetahuan bagi mereka dan jika tempat ini di realisasikan maka akan menjadi tempat edukasi buat anak-anak melalui video 3G, poster dan lainnya.

“Tempat ini juga bisa dikunjungi dari sekolah-sekolah yang ada di Kutim, jadi tempat ini di khususkan untuk anak-anak dari TK, SD, SMP hingga SMA yang masih masuki usia anak,” ucapnya.

Baca Juga :  Kejari Kutim Siap Berikan Bantuan Hukum Kepada DPRD Kutim

Selain itu Regina juga mengusulkan adanya sekretariat Forum Anak di seluruh Desa dan Kecamatan se Kutim. Sekretariat Forum Anak ini bisa juga nantinya di gabung dengan Pusat Informasi Sahabat Anak.

“Kalau itu diwujudkan maka akan ada tempat khusus bagi anak-anak yang mengisi waktu luang dengan kegiatan positif,” kata ia.

Kemudian Regina mengusulkan kepada para Camat agar ada alokasi anggaran untuk Forum Anak di Kecamatan dan Desa, hal ini karena masuk dalam penilaian Kabupaten Layak Anak.

Baca Juga :  Olahraga Tradisional, Sangasanga Gudang Atlet Ketapel

“Anggaran yang dialokasikan kepada Forum Anak akan menjadi bukti bahwa pemerintah ikut berpartisipasi dalam Forum Anak yang ada di Kecamatan dan Desa,” pungkas Regina.

Terkait usulan dari Forum Anak Kutim tersebut, Kepala Bappeda Noviari Noor menyampaikan Pemkab Kutim akan terus mensupport untuk menunjang status Kabupaten Layak Anak dengan predikat lebih tinggi.

“Terkait dengan alokasi anggaran untuk Forum Anak, kami akan siapkan di penganggaran kedepannya, selain itu Pemkab Kutim juga ada program untuk Kabupaten Layak Anak,” imbuh Noviari. (G-S02)