Berkaca dari Mafia Minyak Goreng, Faisal Minta Perketat Pengawalan Stok Bahan Pokok

oleh -251 views
Berkaca dari Mafia Minyak Goreng, Faisal Minta Perketat Pengawalan Stok Bahan Pokok
Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, Faizal Rachman

SANGATTA Antisipasi lonjakan harga bahan pokok di Kutai Timur, Anggota Komisi B DPRD Kutim Faisal Rachman minta Disperindag Kutim bekerjasama dengan Polres Kutim.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu hampir seluruh daerah di Indonesia mengalami kelangkaan minyak goreng, selain itu harganya juga terbuka mahal yakni Rp 24 ribu per liter.

Baca Juga :  Basti Pimpin Rapat Pansus Terkait Sengketa Lahan Poktan Karya Bersama dengan PT IMM

“Pada saat itu kan kabarnya banyak tengkulak nakal yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membeli banyak untuk kemudian di jual kembali dengan harga yang lebih mahal,” ucapnya.

Alhasil, banyak masyarakat yang kemudian beralih ke minyak goreng curah, padahal saat itu juga pemerintah telah melakukan pengawalan.

Baca Juga :  Menjelang Idul Fitri 2022, Pemkab Kutim Gelar Rapat Lintas Sektoral » Berita Kutim

Akhirnya, saat itu Disperindag juga membantu masyarakat untuk mendatang minyak goreng curah dari Kota Bontang.

Saat itu, stok minyak goreng yang datang juga tidak banyak, sehingga masyarakat mengalami panic buying atau kepanikan, yang menyebabkan kelangkaan.

Baca Juga :  Faizal Rachman Soroti Perlambatan Proyek Pembangunan dan Tekankan Perlunya Percepatan

“Kalau stoknya aman maka pasti harganya akan normal kembali misal Rp 14 ribu per liter. Nah maksud saya itu kita perketat lagi ini pengawalan,” imbuhnya.

Sebab menurutnya, kenaikan harga yang signifikan bukan hanya berasal dari distribusi dan ongkos transportasi saja, namun juga ketersediaan barang tersebut.(Bk*3)