Pemdes Makmur Jaya Mengadakan Program Peningkatan Kapasitas SDM

oleh -539 views
download 2 e1688995837741

KONGBENG – Pemerintah Desa Makmur Jaya telah mengadakan program peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sebagai fokus utama dalam upaya pembangunan wilayah.

Kepala Desa Makmur Jaya, Bambang mengungkapkan bahwa di Kecamatan Kongbeng dan sekitarnya, budidaya jamur tiram dan peternakan babi menjadi prioritas utama, mengingat potensinya yang sangat besar untuk pemasaran.

Baca Juga :  DPRD Sepakat Panggil Pemerintah untuk Menjelaskan Penyebab Serapan APBD 2023 Kutim Masih Rendah

“Khusus untuk peternakan, di daerah sekitar desa belum ada masyarakat yang mengembangkan peternakan babi, dan ini dapat dilakukan oleh masyarakat desa,” ucap bambang.

Melihat potensi tersebut, Kepala Desa mengundang narasumber dari peternak, penyuluh pertanian lapangan (PPL), dan Kesehatan Hewan Kecamatan untuk terlibat dalam pembinaan masyarakat yang ingin menjadi peternak babi.

Baca Juga :  417 Anggota BPD Kutim Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

Bambang juga menjelaskan bahwa sekitar 30 persen penduduk Desa Makmur Jaya adalah umat Nasrani, yang mendasari keputusannya untuk menyelenggarakan pelatihan cara beternak babi.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) Nomor 104 Tahun 2021 terkait penyaluran Dana Desa (DD), yang dapat dimanfaatkan oleh desa untuk program penguatan ketahanan pangan, baik dalam aspek hewani maupun nabati.

Baca Juga :  Faizal, Perlu Adanya Pembahasan Lebih Lanjut Terkait Insentif RT

“Selain sebagai pengembangan dan penguatan ekonomi bagi masyarakat, pelatihan peternakan babi juga merupakan upaya mendukung program nasional terkait ketahanan pangan melalui sektor peternakan,” paparnya.(bk)