Kasmidi, Lepas Rombongan Duta Kesenian Kutim Ikuti Parade Festival Pesisir Kaltim

oleh -558 views
Kasmidi, Lepas Rombongan Duta Kesenian Kutim Ikuti Parade Festival Pesisir Kaltim
Suasana Pelepasan Rombongan Duta Kesenian Kutim Ikuti Parade Festival Pesisir Kaltim (02/06/2022). BERITA KUTIM.COM. (Poto.istimewa)

BERITA KUTIM. SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), H Kasmidi Bulang lepas rombongan duta kesenian Mitra Jaranan Kabupaten Kutim untuk mengikuti Parade Barong Festival Pesisir Kalimantan Timur (Kaltim), di Halaman Kantor Bupati Kutim  pagi tadi, Kamis (02/06/2021).

Kasmidi, Lepas Rombongan Duta Kesenian  Kutim Ikuti Parade Festival Pesisir Kaltim
Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang Saat Menyampaikan Sambutanya

Paguyuban Kesenian Jaranan Borneo Putro Legowo Kabupaten Kutim tersebut akan mengikuti Parade Barong Festival Pesisir Kaltim mulai tanggal 4 – 5 Juni 2022 di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Atas nama pemerintah daerah kami tidak pernah melarang dan bahkan kami selalu memberikan apresiasi dan mensuport full kepada semua budaya, etnis yang ada di Kutai Timur. Karena ini adalah bagian daripada kekayaan kasanah kebuadayaan yang ada di Kutai Timur,” Ucap Wakil Bupati Kutim, H Kasmidi Bulang.

Baca Juga :  Atlet Voli Pantai Kutim Berhasil Kantongi Medali Emas di Porprov VII Kaltim

Kasmidi, Lepas Rombongan Duta Kesenian Kutim Ikuti Parade Festival Pesisir Kaltim

Kasmidi, Lepas Rombongan Duta Kesenian  Kutim Ikuti Parade Festival Pesisir Kaltim
Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang saat melepas Duta kesenian Kutim

Lanjutnya,  Kasmidi mengatakan untuk siapapun dipersilahkan mengeksplor budaya darimanapun tetapi tetap satu dalam bingkai, yaitu Kabupaten Kutai Timur. Dan mengharagai budaya yang ada, sebagai budaya lokal Kutai Timur agar semua dapat berkembang.

“Contoh budaya jaranan yang tadi telah ditampilkan, ini kan dibawa dari luar dan dikembangkan di Kutai Timur sebagai warisan untuk melirik kaum milenial. Dengan kegiatan yang membawa nama Kabupaten Kutim, tentunya kami atas nama pemerintah sangat mengapresiasi. Berikan yang terbaik bahwa di Kutaim itu sangat memberikan apresiasi kepada budaya apapun, selamat untuk mengikuti pararde di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara,” imbuhnya.

Baca Juga :  Satlantas Polres Kutim Pasang Rambu di Daerah Rawan Kecelakaan

Pada kesempatannya, Ketua rombongan Mitra Jaranan Kabupaten Kutim, Angga Saputra meminta dukungan, do’a dan suport kepada pemerintah dan masyarakat Kutai Timur, untuk mengikuti agenda parade barong yang akan dilaksanakan di Pantai Panrita Lopi, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kegiatan itu akan di ikuti oleh lima kabupaten/kota, diantaranya Kutai Timur, Bontang, Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara. Kegiatan ini nantinya akan berlanjut ke Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Kediri, mudah-mudahan dengan kegiatan ini kami bisa membawa nama Kabupaten Kutim,” terangnya.

Diungkapkannya bahwa tim Mitra Jaranan Kabupaten Kutim yang akan berangkat nanti terdiri dari beberapa kalangan, mulai dari tingakat sekolah SMP, SMA, Swasta dan umum. Dan paguyuban tersebut sudah berdiri sejak tahun 2016 dan sudah sering mengisi di even kegiatan di pemerintahan maupun even-even lokal dan nasional.

Baca Juga :  BPBD Kutim Apel Kesiapsiagaan Kendaraan Operasional

“Mudah-mudahan dengan langkah ini, bisa meningkatkan potensi kesenia jawa khususnya yang ada di Kabupaten Kutim untuk dapat melestarikan seni dan budaya yang ada di Kutai Timur. Dengan harapan kami dapat mengembangkan kesenian budaya ini dari kalangan milenial remaja dan tua,” harapnya.

Sebelum di lepas Wabup,  Paguyuban Kesenian Jaranan Borneo Putro Legowo Kutim tersebut menampilkan atraksi barongan singkat di halaman Kantor Bupati Kutim.  (vnt)