Hari Lahir Pancasila, Joni Minta Semua Lapisan Menjaga Kesatuan dan Persatuan

oleh -512 views
joni2 pancasila

Sangatta – Sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila menetapkan, bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.  Dalam Keppres tersebut juga menetapkan pada setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan pemkab kutai timur (Kutim) diperingati dengan menggelar Upacara, di halaman Kantor bupati Kutim, Bukit Pelangi, Kamis (01/06/2023).

Baca Juga :  Bupati Ardiansyah Hadiri Acara Pengukuhan Bunda PAUD Tingkat Desa

Hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah Rizal Hadi, ketua dprd kutim Joni, staf ahli Bupati Kutim, unsur Forkopimda dan beberapa pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Kutim. Sedangkan yang bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Komandan kodim 0909/KTM Letnan Kolonel (Inf) Adi Swastika

Jadikan hari lahir Pancasila sebagai momen yang tepat untuk memegang teguh nilai-nilai dari Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila. Hal tersebut diungkapkan oleh Dandim Adi Swastika usai upacara.

Baca Juga :  Pemenang Kejurkab IPSI Kutim Akan di Kirim ke POPDA Kaltim 2021 di Paser.

Dirinya mengatakan, khususnya menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) dinamika semakin banyak dimasyarakat, apalagi semua pasti ada kepentingan konflik pada kelompok dan golongan tertentu dan semuanya itu untuk kemajuan pembangunan Kutim.

“Diharapkan semua lapisan, mulai dari bawah, menengah dan atas sama-sama menjaga kesatuan dan persatuan,” ujar Adi Swastika.

Sementara itu, Ketua DPRD Kutim Joni dihadapan awak media menyampaikan, dengan momen Hari Lahir Pancasila, ia mengajak semua masyarakat Kutim, turut mendoakan perjuangan para perintis kemerdekaan.

Baca Juga :  Rangkaian HUT Ke 22 tahun Kutim, Bupati Sematkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya Bagi ASN di Lingkup Pemkab Kutim

“Dengan momen ini, kita mendoakan para pejuang kita yang telah gugur, semoga beliau ditempatkan disisi Allah SWT,” ujar Joni.

Joni menambahkan, dengan semakin dekatnya momen politik, diharapkan dengan kegiatan seperti ini bisa mendekatkan dan mempersatukan semua kalangan.(bk)