DPRD Kutim Gelar Paripurna Ke 6 Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi Terhadap LKPJ Bupati Kutim Tahun 2021

oleh -194 Dilihat
DPRD Kutim Gelar Paripurna Ke 6
DPRD Kutim gelar paripurna ke 6 tentang penyampaian pemandangan umum fraksi- fraksi dalam Dewan terhadap laporan LKPJ Bupati Kutim Tahun 2021, di Ruang Utama, Sekretariat DPRD Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta (06/04/2022). BERITA KUTIM.COM.( Poto.vnt)

BERITA KUTIM. SANGATTA – DPRD Gelar Paripurna Ke 6, Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur ( Kutim ) Joni, S.Sos memimpin Rapat Paripurna Yang Ke-6 DPRD tentang, penyampaian pemandangan umum fraksi- fraksi dalam Dewan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban ( LKPJ) Bupati Tahun anggaran 2021, di Ruang Utama, Sekretariat DPRD Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, pada Rabu (06/04/2022).

DPRD Kutim Gelar Paripurna Ke 6
Ketua DPRD Joni, S.Sos., saat pimpin paripurna ke 6 DPRD Kutim

Ketua DPRD Joni, S. Sos., menyampaikan, rapat paripurna ke – 6 DPRD Kutim ini merupakan lanjutan pada Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Bupati Kutim Tahun Anggaran ( TA ) 2021, pada hari Senin 04 April 2022 lalu.

Untitled-1

Rapat Paripurna yang Ke-6 DPRD Tahun 2022 tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Arfan, S.E, M.Si beserta 22 Anggota DPRD Kutim.

Baca Juga :  Bantu Korban Kebakaran, Paguyuban Reog Sangatta Adakan Aksi Sosial

Penyampaian pandangan Fraksi diawali dengan fraksi dari Partai Demokrat, Yulaianus  palangiran, S. E., Dalam pandangan umumnya mengatakan, memberikan apresiasi kepada Pemerintah kabupaten Kutai Timur, terhadap capaian asli daerah (PAD), yang berhasil dimaksimalkan oleh pemerintah daerah dari Badan Pendapaten daerah, dengan harapan kedepan bisa ditingkatkan lagi, dalam mengali potensi-potensi pendapatan daerah yang masih belum tersentuh, ujarnya.

DPRD Kutim Gelar Paripurna Ke 6
fraksi dari Partai Demokrat, Yulaianus palangiran, S. E., saat menyerahkan laporan pandangan umumnya ke Ketua DPRD Joni, S.Sos., pada paripurna ke 6

Selanjutnya, Fraksi partai Demokrat juga memberi apresiasi kepada pemerintah atas capaian terhadap pendapatan daerah yang mencapai 3,11 terliun rupiah, “besar harapan kami kedepanya pemerintah daerah kabupaten bisa menggali sumber-sumber pendapatan yang lain guna meningkatkan PAD,” kata Yulianus

Baca Juga :  Sesuai HET, Minyak Goreng Curah Akan Didistribusikan Kepada Masyarakat

Untuk itu, kami dari Fraksi partai Demokrat ada beberapa catatan berhubungan dengan Laporan pertanggung jawaban APBD kabupaten Kutai Timur Tahun anggaran 2021, yaitu pertama dalam rangka menunjang kualitas sumberdaya manusia (SDM) serta menciptakan mayarakat yang lebih partisipatif terhadap pembangunan sesuai dengan target pembangunan pemerintah daerah, dimana masyarakat bukan objek tetapi subjek pembangunan sesuai dengan program pemerintah Yaitu  ‘Menata Kembali, ‘ Ugkapnya.

DPRD Gelar Paripurna Ke 6 Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi Terhadap LKPJ Bupati Kutim Tahun 2021

Dalam hal ini Fraksi Demokrat mengatakan “ segala kebijakan harus bisa memprioritaskan pemenuhan pembangunan terkait sarana dan prasanana penunjang Desa dibidang Pendidikan dan Kesehatan,” terang, yulianus dalam Pandangan umumnya.

Kemudian yulianus juga menyampaikan, dalam laporan APBD tahun 2021 juga dipaparkan juga tentang capaian urusan pemerintahan yang mengalami peningkatan cukup baik, oleh karena itu dari fraksi partai Demokrat meminta agar capaian yang sudah baik ini dapat terdistribusi secara merata diseluruh kecamatan yang ada dikabupaten Kutai Timur, “sehingga asas pemerataan pembangunan dapat dirasakan oleh saudara-saudara yang ada dipelosok-pelosok,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Kutim Hadiri High Level Meeting Terkait Pasokan Pangan dan Stabilitas Harga 

Selanjutnya, terkait dengan bencana alam (banjir) di Sangatta pada akhir Bulan Maret kemaren, dari Fraksi Parta Demokrat mengharapkan “ agar pemerintah kabupaten Kutai Timur dapat Menyusun strategi mitigasi bencana alam yang baik, mitigasi structural dan mitigasi non structural, sehingga kedepanya pemerintah daerah benar- benar siap dalam menghadapi kondisi bencana alam yang terjadi dikabupaten Kutai Timur ini, tutupnya. (vnt)