Tumbuhkan Kecintaan terhadap Budaya Lokal, Dispursip Kutim Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD

oleh -431 views
f730c9d0 390c 4aed 8bd4 316022805fa7

Sangatta – Dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap budaya lokal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Lomba Bertutur tingkat SD.

Acara yang diikuti oleh puluhan peserta tingkat SD ini berlangsung di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, pada Kamis (13/6/2024).

Kepala Dispursip Kutim, Ayub, menyampaikan bahwa kegiatan lomba bertutur seperti ini sangat baik untuk memberikan stimulus kepada anak-anak. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan kegemaran anak dalam membaca, serta menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan, kesatuan, dan nasionalisme.

Baca Juga :  Novel Minta Pemerintah Segera Laksanakan Program MYC

Ayub menekankan pentingnya budaya membaca melalui lomba ini, sebagai modal utama dalam penyelenggaran pendidikan dan pembangunan masyarakat yang cerdas, berwawasan luas, dan tangkas menghadapi tantangan global.

“Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan faktor penting dalam mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap berkompetisi secara sehat,” ujar Ayub.

Baca Juga :  Bupati: Kurikulum Merdeka Belajar Merupakan Salah Satu Prestasi di Bidang Pendidikan

Ia mengatakan, keberanian para peserta dalam bertutur di hadapan para juri dan penonton menjadi bukti nyata semangat generasi muda dalam menghidupkan budaya gemar membaca.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada Dispursip atas terlaksananya lomba bertutur tingkat SD tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat membaca dan rasa cinta terhadap budaya lokal pada generasi muda di Kutim.

Baca Juga :  Semi Final Volley Ball DANDIM 0909/KTM Cup 2023

Ardiansyah berharap, lomba seperti ini dapat terus dilaksanakan agar semakin banyak anak-anak yang terinspirasi untuk mencintai buku dan budaya daerah mereka.

“Mari ajak anak-anak kita mencintai buku dan budaya kita. Semoga generasi muda Kutai Timur terus tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan penuh inovasi,” ucap Bupati. (bk)