Resmi Jadi IPSKA, Disperindag Kutim Minta Perusahaan Ekspor Mengikuti Registrasi SKA

oleh -393 views
WhatsApp Image 2023 07 01 at 18.35.13 960x722 1

SANGATTA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Timur telah secara resmi diakui sebagai Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA).

Dengan demikian, perusahaan atau instansi yang terlibat dalam kegiatan ekspor diharapkan mengikuti proses registrasi SKA melalui Disperindag Kutim.

Hal ini memungkinkan setiap produk, mulai dari hasil pertambangan, perkebunan, pertanian, perikanan, dan lainnya, dapat secara resmi tercatat berasal dari Kutai Timur.

Baca Juga :  Rizali Hadi, Pemerintah Akan Mengkaji dan Menelaah Terkait SILPA

“Kalau sekarang itu di website penerbitan SKA sudah ada pilihannya Kutai Timur, kalau kemarin-kemarin kan belum ya,” ungkap Plt Kepala Disperindag Kutim, Andi Nur Hadi Putra, Senin (6/11/2023).

Selain itu, melalui Disperindag Kutai Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur juga dapat memantau jenis dan jumlah produk yang diekspor oleh perusahaan di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Disbud Kutim Gelar Rembuk Budaya Tahun 2022 Persiapan Sail Sangkulirang 2024

Tak hanya itu, para perusahaan atau eksportir dari Kutai Timur yang mengirimkan produk melalui IPSKA akan mendapatkan manfaat tambahan.

Salah satunya adalah potensi penghematan biaya transportasi dan operasional hingga mencapai nol persen.

“Alhamdulillah tadi malam respon para perusahaan baik,” tambahnya.

Baca Juga :  Kutai Timur Siap Gelar Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-117 di Kecamatan Kongbeng

Andi Nur Hadi Putra mengakui bahwa proses menjadi IPSKA melibatkan banyak persyaratan yang tidak dapat dijelaskan satu per satu. Namun, secara garis besar, Kementerian Perdagangan menilai berdasarkan lokasi geografis dan tingkat aktivitas ekspor perusahaan.

“Banyak persyaratannya, yang jelas letak geografis, apa saja yang diekspor, seberapa sering melakukan ekspor, dan lain-lain,” pungkasnya. (bk)