Kabid Bina Marga PUPR Kutim: Akan ada Peningkatan Jalan APT Pranoto pada Tahun Ini

oleh -444 views
news lg 1714022215

Sangatta – Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Aqla, mengatakan bahwa tahun ini akan ada peningkatan untuk jalan APT Pranoto, Kecamatan Sangatta Utara. Namun, untuk saat ini pihaknya masih menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Proyek yang dibangun melalui program Multiyears Contract (MYC) tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2024 ini, mengingat sebagian besar proyek MYC dilaksanakan pada bulan tersebut.

Baca Juga :  Didesak Laksanakan PTMT 100 Persen, Disdik Tunggu Sampai Kutim Bebas PPKM

“Peningkatan jalan APT tahun ini insyaallah ada. Udah ada tinggal kita nunggu bentar aja, tinggal nunggu DPA, nanti kita laksanakan paling mungkin Juli. Rata-rata sih mungkin sekitar Juli baru mulai, baru bisa kontrak,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Ardiansyah Lantik 8 Anggota BPD di Lamin Datun Desa Kelinjau Ilir

Aqla mengakatan, keterlambatan yang terjadi dalam pengerjaan program MYC tersebut terjadi karena beberapa faktor, seperti sistem penganggaran dan keterlibatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta pengerjaan proyek pada tahun anggaran murni dilakukan pada awal tahun.

“Termasuk dari penganggaran, dari sistem anggaran yang OPD ini juga bermacam-macam, dari kita sendiri juga ada yang belum clear, jadi saling keterkaitan,” paparnya.

Baca Juga :  Bupati Ardiansyah Hadiri Pelantikan Anggota Panwascam Kutim 2024

Dalam upaya menghindari penumpukan pekerjaan untuk akhir tahun 2024, pihaknya akan mengupayakan melakukan tender awal dan mempersingkat waktu tender melalui e-katalog.

“Sehingga tender awal sebelum DPA kita akan laksanakan, tetapi nanti kontrak tetap menunggu DPA terbit sesuai Perda atau Pergub,” pungkasnya.