Perkuat Armada, Damkar Kutim Akan Tambah 4 Unit Mobil Pemadam Kebakaran 

oleh -160 views

SANGATTA – Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan di tahun 2023 ini akan menambah 4 unit Mobil Pemadam Kebakaran.

Hal ini disampaikan Failu Kadis Damkar dan Penyelamatan Kutim saat memberikan sambutan di acara Edukasi Dini Pengenalan Profesi Petugas Pemadam kebakaran dan Sosialisasi Penanggulangan Dini Kebakaran untuk Ibu Rumah Tangga, Rabu (15/2/2023) di Halaman kantor Damkar Kutim.

“Kami sampai saat ini punya 8 Unit mobil pemadam kebakaran dan alhamdulliah berkat dukungan Bupati tahun 2023 ini kami akan mendapat tambahan 4 unit,’ beber Failu.

Baca Juga :  Buka Turnamen Sepakbola Bupati Cup 2022, Ardiansyah Berharap Muncul Pemain Handal di Kutim

Failu menambahkan, armada saat ini usianya rata-rata sudah 14 tahun keatas, namun karena ini sudah menjadi tugas Dinas Damkar dan Penyelamatan maka pihaknya tidak boleh mengeluh dan harus tetap semangat dengan peralatan maupun unit pemadam kebakaran tersebut dan melaksanakan tugas dengan sepenuh hati.

Kadis Damkar dan penyelamat Kutim Failu.

Saat ditanya untuk UPT Kecamatan mana 4 armada tersebut akan didistribusikan, Failu menuturkan saat ini pihaknya lagi memetakan dimana nanti penempatannya dan akan dilihat dimana tingkat kebakarannya yang lebih besar.

Baca Juga :  David Rante Apresiasi Diskominfo Kutim Realisasi Program Capai 91,44 persen

“Kami ada 10 pos tersebar di berbagai kecamatan jadi kami akan petakan dulu. Kecamatan Muara Bengkal, Muara ancalong, Kongbeng dan Muara Wahau menjadi titik sentral kami karena disana baru ada 1 unit mobil pemadam kebakaran,” kata ia.

Dirinya menambahakan, saat ini pihaknya lagi mengusulkan armada yang kapasitasnya bisa menjangkau sampai bangunan lantai 3. Mobil ini tidak seperti mobil tangga tapi mempunyai tinggi 16 meter.

Baca Juga :  Kades Hasil Pilkades Serentak di Kutim Akan Segera Dilantik

“Mobil itu yang kami usulkan untuk tahun 2024 guna memadamkan api untuk gedung-gedung bertingkat,” ujar Failu.

Lebih jauh dirinya menyampaikan, idealnya 1 pos memiliki 2 unit mobil, 1 mobil pemadamnya dan 1 mobil suply airnya, karena kalau sudah ada 2 unit itu minimal dalam waktu 10 menit kebakaran sudah bisa diatasi.

“Idealnya 1 pos punya mobil pemadam kebakaran dan mobil untuk suply air, sambil menunggu bantuan kalau kebakarannya besar,” ucapnya. (G-S02).