Peningkatan Jalan Penghubung Antar Desa dan Pertanian, Serta Bandara di Miau Baru Jadi Usulan di Musrenbang

oleh -153 Dilihat
Peningkatan Jalan Penghubung Antar Desa
Suasana saat pelaksanaan Musrenbang yang di Kecamatan Muara Wahau bersama kecamatan Kongbeng dan Telen, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. (10/03/2022). BERITA KUTIM.COM. (Poto. IVN)

BERITA KUTIM, KONGBENG – Peningkatan Jalan Penghubung Antar Desa dan Pertanian, Serta Bandara di Miau Baru Jadi Usulan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada hari ke tiga di diadakan dikecamatan Muara Wahau bersama kecamatan Kongbeng dan Telen, Kabupaten diusung dengan tema, “pengembangan sentra ekonomi yang didukung pelayanan publik yang berkualitas”, pada Kamis (10/03/2022).

Peningkatan Jalan Penghubung Antar Desa
Poto Bersama Usai Penanda tanganan MOU di Kecamatan Muara Wahau

Musrenbang Kecamatan Muara Wahau ini, di hadir Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang, Pjs Sekkab Yuriansyah, Joni, Wakil Ketua I Arfan, Wakil Ketua II Asti Nazar Bulang dan Forkopimda lainnya serta Camat, Kepala Desa di tiga Kecamatan tersebut, serta perwakilan perusahaan dan OPD-OPD lainnya.

Untitled-1

Camat Kongbeng H Furkani mengatakan, terkait dengan batas – batas desa sudah selesai semuanya,  kemudian terkait dengan jalan poros di tiga Desa diprogramkan tahun sebelumnya melalui anggaran multiyears belum selesai, “Jarak jalan poros tersebut delapan kilometer, namun tahun ini dimasukan di SIPD hanya sepanjang dua kilometer,” ujar Camat Kongbeng dihadapan Bupati dan rombongan yang hadir.

Baca Juga :  Akibat Miras Teman Kerja Tumbang Dengan Tujuh Tusukan

Sementara itu, perwakilan Kepala Desa. M Usman selaku Kepala Desa (Kades) Suka Maju menyampaikan usulan, diantaranya peningkatan jalan penghubung antar desa, peningkatan jalan produksi pertanian dan Bandara di Miau Baru belum ada perbaikan. Selain itu dirinya mengatakan Kecamatan Kongbeng belum tersentuh PDAM.

Baca Juga :  Hebat, Untuk Pertama Kalinya Kutim Raih Trophy Proklim Dari KLHK

Menanggapi usulan terkait Bandara, Bupati Ardiansyah Sulaiman meminta Bappeda dan Dinas PU untuk mengkaji dan menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk memanfaatkan bandara Uyang Lahai agar terjadi peningkatan komersial dan bandara dapat dikembangkan.

Peningkatan Jalan Penghubung Antar Desa dan Pertanian, Serta Bandara di Miau Baru Jadi Usulan Musrenbang

“Untuk Infrastruktur jalan Desa di Kongbeng juga perlu ditingkatkan, karena akses jalannya kurang memadai, begitu juga dengan fasilitas PDAM di kongbeng perlu ditingkatkan,” pesan Ardiansyah.

Baca Juga :  Pascabanjir KPC-PMI-Dinkes-IDI Gelar Pengobatan Gratis

Lanjutnya di tempat sama,  Wakil Bupati Kasmidi Bulang menambahkan semua Desa sudah ada program infrastrukturnya termasuk program pendidikan dan lainnya.

“Kongbeng dan Wahau fasilitas air bersih tergabung menjadi satu fasilitas,” Ujar Kasmidi.

Terkait Bandara Uyang Lahai Miau Baru, Kadishub Rizali Hadi menjelaskan keputusan untuk pengembangan bandara tersebut diprogramkan oleh Pemerintah Pusat, namun salah satu persyaratan harus dipenuhi terkait status lahannya, setelah itu tinggal menunggu program atau kebijakan pengembangan bandara.

Untuk diketahui, Kecamatan Kongbeng dalam Musrenbang ini usulan prioritas di tahun 2023 meliputi bidang SDM, Pemerintah dan Aparatur sebanyak 35 usulan, bidang Infrastruktur ada 35 usulan dan bidang Ekonomi sebanyak 35 usulan. (IVN)