Olahraga Tradisional, Sangasanga Gudang Atlet Ketapel

oleh -37 Dilihat
komunitas ketapel kecamatan sangasanga 1 1 1 1 1 1 scaled 1 1

KUTAI KARTANEGARA – Galakkan olahraga tradisional, Sangasanga gudang atlet ketapel. Kecamatan Sangasanga merupakan kecamatan ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain menjadi penghasil minyak, Kota Juang ini juga banyak mencetak atlet olahraga tradisional, salah satunya ialah olahraga ketapel.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya animo masyarakat Sangasanga, mulai belajar olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat (KORMI).

Untitled-1

Menurut penuturan Ali Mustofa, salah satu pengrajin ketapel ini menyebutkan, mulai tahun 2022 ini komunitas ketapel ada di Sangasanga sudah mencapai 30 orang.

Baca Juga :  TPK TPPS Kutim Gelar Apel Siaga, sebagai Momentum Kick Off Kegiatan Verifikasi dan Validasi Data

“Kami warga Sangasanga, mengenal olahraga tradisional ketapel semenjak awal tahun 2022, berawal dari kegiatan tahunan 27 Januari digelar Kecamatan Sangasanga, olahraga tradisional ketapel masuk kedalam rangkaian kegiatan HUT Kecamatan Sangasanga,” tuturnya. Sabtu, (7/5/2022).

Baca Juga :  Bupati Kutim, Melantik Yusriansyah Sebagai Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur

Olahraga Tradisional, Sangasanga Gudang Atlet Ketapel

Momumen Kota Juang Sangasanga.

Ia menambahkan, selain membantu meningkatkan konsentrasi pemakainya, olahraga ketapel ini juga untuk mengurangi anak-anak bermain gadget.

Baca Juga :  Camat Sangsel Pimpin Upacara Hardiknas 2022, Pelaksanaan Ucapara secara Minimalis dan Terbatas » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim

“Ini merupakan hal positif, selain melestarikan olahraga tradisional, juga mendidik anak-anak untuk mencintai kearifan lokal dan yang kalah penting ialah mengurangi anak-anak bermain gadget,” pungkas ia.(vnt)