Bunda PAUD dan Disdikbud Serahkan Seragam Gratis untuk Siswa TK dan SD YPPSB

oleh -439 views
PAUDKUTIM1

Sangatta – Pada awal tahun ajaran baru 2023/2024, Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Siti Robiah Ardiansyah, melakukan kunjungan ke beberapa sekolah, termasuk TK dan SD Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB), pada Selasa (18/7/2023).

Kunjungan Bunda PAUD beserta tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim ke YPPSB bertujuan untuk meninjau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di tingkat TK dan SD. Dalam kesempatan tersebut, Bunda PAUD menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawabnya untuk mendukung pelaksanaan MPLS di setiap sekolah, baik di tingkat PAUD maupun SD, terutama yang berada di tingkat awal.

“Ini sudah yang kesekian kalinya, sesuai dengan topoksi Bunda PAUD untuk mengawal MPLS dijalankan di tiap sekolah, baik PAUD maupun SD. Terutama SD yang sekolah awal,” ucap Siti Robiah Ardiansyah.

Baca Juga :  Disdikbud Kutim Gelar Program Cap Jempol, Berikut Kata Bupati Ardiansyah

Siti Robiah Ardiansyah juga menyatakan bahwa MPLS ditujukan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anak-anak, terutama siswa PAUD dan siswa kelas 1 dan 2 SD. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka dalam transisi dari PAUD ke tingkat SD, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa baru.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Kutim, Ahmad Junaidi, menyampaikan bahwa pada hari itu pihaknya menyerahkan secara simbolis seragam baru gratis kepada siswa TK A dan SD Kelas 1 YPPSB. Program seragam gratis tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Kutim untuk semua murid baru di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Ardiansyah Sulaiman Berikan Nasihat untuk Calon Haji

“Kita akan membagikan seragam gratis ini, sesuai dengan jumlah murid baru yang masuk dan kami dari Disdikbud masih menunggu data ukuran siswa baru dari masing-masing sekolah untuk seragam wajib,” ujar Ahmad Junaidi.

Ahmad Junaidi juga menyatakan bahwa Disdikbud Kutim sedang merencanakan program seragam olahraga gratis untuk tahun depan. Ia menegaskan bahwa siswa kelas 2 ke atas tetap berhak mendapatkan seragam gratis sesuai dengan kebijakan, dan bagi siswa yang kurang mampu, termasuk penerima beasiswa Kutim Tuntas, tetap akan menerima bantuan seragam.

Baca Juga :  Gebyar Koperasi Expo 2024, Admum Kutim: Saatnya Lestarikan Batik Wakaroros

“Untuk kelas siswa kelas 2 keatas, sesuai arah kebijakan kita tetap dapat seragam gratis. tapi bagi siswa yang kurang mampu, termasuk beasiswa Kutim Tuntas. Anak SD dan SMP tetap dapat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur YPPSB, Wariadi, menyampaikan bahwa mereka telah melakukan MPLS sejak hari sebelumnya untuk semua unit, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA. Wariadi menjelaskan bahwa konsep pendekatan yang menyenangkan dalam MPLS membuat anak-anak senang dan bersemangat dalam proses belajar, sehingga mereka dapat mengembangkan minat dan bakatnya dengan lebih baik tanpa beban. Beberapa anak bahkan tidak ingin pulang sebelum puas bermain dan belajar.(bk)