Untuk Keselamatan Penumpang, Dishub Kutim Inspeksi Kapal Penyeberangan dan Speedboat

oleh -198 views
IMG 20230413 WA0217

SANGKULIRANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur (Dishub Kutim) menggelar inspeksi keselamatan angkutan arus mudik penyeberangan untuk  Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Kali ini, sebanyak 18 Kapal Penyeberangan (Ferry) dan 50 Speedboat yang beroperasi di Dermaga Sangkulirang menjadi sasaran personel bidang Pengembangan dan Keselamatan Lingkungan Perhubungan (PKLP) Dishub Kutim.

Kepala Dishub Kutim melalui Kepala Bidang PKLP Murni Irawati, mengatakan, inspeksi keselamatan jelang arus mudik kali ini, dimaksudkan agar seluruh armada yang akan mengangkut para pemudik aman dan memenuhi standar keselamatan penyeberangan.

Baca Juga :  Songsong Bulan Ramadhan, Bupati Ardiansyah Hadiri Tabligh Akbar di Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi

“Jadi personel kami (PKLP) langsung mengecek dan memastikan setiap armada yang beroperasi sudah memenuhi standar keselamatan, mulai dari ketersediaan life jacket (jaket pelampung) dan lifebouy termasuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR), ” ujarnya didampingi Kasi Keselamatan Awang Adi

Baca Juga :  Jurnalis Kaltim Bukber Dengan Gus Muhaimin Iskandar

Meskipun saat arus mudik jumlah penumpang mengalami peningkatan yang lumayan tinggi dan diprediksi akan jatuh pada H-3 lebaran, dalam kesempatan itu juga, dirinya mengimbau kepada seluruh nahkoda maupun motoris untuk tidak mengambil kesempatan tanpa memperhatikan sisi keselamatan.

“Jangan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan, pastikan armada maupun operator dalam kondisi prima, dan jangan beroperasi saat kondisi cuaca buruk,” pesannya.

Baca Juga :  Sempat Kabur Ke Palangkaraya Usai Bunuh Istri Siri di Sangatta

Ditambahkan Kasi Keselamatan, Awang Adi, sebanyak 18 kapal penyebrangan (Ferry) yang tersebar di 6 dermaga akan melayani rute arus dengan tujuan Tanjung Manis, Segara, Karangan, Sandaran, Pridan, dan Tungkap.

“Termasuk ke arah Pelawan dan Biduk-biduk (Berau),” ucap Awang Adi. (G-S08)