Sekali Panen Buah Semangka, Poktan Lestari Mandiri Jaya Bisa Hasilkan Ratusan Juta

oleh -375 views
WhatsApp Image 2023 05 23 at 16.56.02 1200x699 1

RANTAU PULUNG – Kelompok Tani (Poktan) Lestari Mandiri Jaya melakukan panen raya buah semangka di lahan tanam seluas tiga hektare, di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Rantau Pulung, Selasa (23/05/2023).

Hadir dalam acara panen tersebut, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Ketua DPRD H Joni, forkopimda, Kepala SKP Kab. Kutim dan para petani pada saat panen raya tersebut, tampak bersemangat melihat hasil panen semangka.

Bupati Ardiansyah merasa kaget mengetahui potensi yang dihasilkan Kelompok Tani Lestari Mandiri Jaya dari menanam buah semangka yang di tanam di lahan seluas tiga hektare mencapai 75 ton dalam sekali panen, dengan asumsi rata-rata dalam satu hektare mampu menghasilkan 25 ton buah semangka.

Baca Juga :  Diskominfo melakukan Live Streaming pada acara LOMPLAI 2023

Selain itu, Bupati juga kaget karena buah yang baru saja dipanen sudah habis terjual dengan harga Rp. 7000/kg, hal ini dikarenakan jauh hari sebelum panen dilaksanakan, para pembeli sudah memesan terlebih dahulu kepada Poktan Lestari Mandiri Jaya.

Baca Juga :  DPRD Kutai Timur Gelar Rapat Pansus Terkait Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI

” Melihat hasil dari buah semangka potensi yang semakin banyak di minati, tidak hanya oleh masyarakat lokal, bahkan sudah merambah pasar regional, saya menyakini semangat para petani untuk lebih banyak menghasilkan produk pertanian akan semakin meningkat.” ucap Bupati Ardiansyah.

Berdasarkan perhitungan, jika harga jualnya adalah Rp 7.000 per kilogram, dan hasil panen mencapai 75 ton dalam satu kali panen, para petani memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan sekitar Rp 525 juta dari lahan seluas tiga hektar.

Baca Juga :  Banjir Kaubun, Ubaldus Badu : Cari Sebab-Akibatnya Terlebih Dahulu

Dalam upayanya untuk mempromosikan produk ini kepada calon pembeli, ia mengundang para pedagang buah atau masyarakat yang berminat untuk membeli langsung mengunjungi kebun yang dimiliki oleh Poktan Mandiri Lestari Jaya di SP5 desa Manunggal Jaya, Kecamatan Rantau Pulung. (bk)