Forum MSH-CSR Kutim Menggelar Acara CSR Gathering

oleh -392 views
b81e90f1 8b39 4b64 bda4 da1dccb17d7c

SANGATTA – Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) telah menjadi isu utama di seluruh dunia. Ada 17 tujuan yang harus dicapai hingga tahun 2030 dalam rangka menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi, keberlanjutan sosial, kualitas lingkungan hidup, dan pembangunan inklusif.

Pencapaian SDGs akan lebih berat jika tidak melibatkan perusahaan swasta, dan oleh karena itu, Forum MSH-CSR Kutai Timur (Kutim) melibatkan perusahaan dalam upaya mendukung pencapaian SDGs di wilayah tersebut.

Pada tanggal 8-9 September 2022, Forum MSH-CSR Kutim telah melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) CSR dengan tema “Akselerasi Peran Perusahaan Dalam Pencapaian SDGS di Kabupaten Kutai Timur.” Rakor CSR ini bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi antara pemerintah dan dunia usaha dalam mendukung pencapaian SDGs di Kutim.

Baca Juga :  Jimmy Minta Pemerintah Mengalokasikan Sumber PAD untuk Kegiatan yang Lebih Produktif

Dalam rakor tersebut, disepakati bahwa perusahaan akan menyusun program CSR yang sesuai dengan 17 tujuan TPB atau SDGs. Selain itu, agenda CSR Gathering pada tahun 2023 juga akan dilaksanakan dengan PT. Indexim Coalindo, PT. Ganda Alam Makmur, dan PT. Kalimantan Prima Persada sebagai tuan rumah.
Sebagai bentuk tindaklanjut dari amanah Rakor CSR tersebut, maka Forum MSH-CSR Kabupaten Kutim melaksanakan “CSR Gathering”.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kutim Soroti Kerusakan pada Jalan Penghubung Sangatta - Bengalon

Pihaknya pun mengaku CSR Gathering adalah menjadi wadah silaturahmi antara perusahaan dan pemerintah, yang akan berfokus pada penajaman progress atau realisasi program kegiatan CSR perusahaan yang berkorelasi dengan Program SDGS, dan isu-isu lain seputar Perusahaan dan Pembangunan di Kab. Kutai Timur.

CSR Gathering yang diselenggarakan oleh Sekretariat Forum MSH-CSR Kutai Timur berlangsung selama dua hari, pada Senin, 31 Juli hingga 01 Agustus 2023.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati dan Ketua Badan Pelaksana MHS-CSR Kutim, H Kasmidi Bulang, Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi Bappenas RI, Setyo Budiantoro, serta beberapa perwakilan perusahaan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), dan undangan lainnya.

Baca Juga :  Disdikbud Kutim Gelar Implementasi Cap Jempol Program PNF di Ponpes Ibnu Katsir

Hardoni mengaku bahwa dalam pelaksananaan CSR Gathering ini ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, penyampaian Program CSR yang inline dengan program SDGS dari masing-masing perusahaan.

Kedua, monitoring progres pelaksanaan program-program CSR yang inline dengan program SDGS. Ketiga, penajaman program SDGS melalui FGD dan Sharing Session yang akan dilaksanakan esok hari.

“Pembiayaan pelaksanaan CSR Gathering ini bersumber dari dukungan PT. Indexim Coalindo, PT. Ganda Alam Makmur (GAM) dan PT. Kalimantan Prima Persada (KPP) Kutim,” ungkap Hardoni.(bk)