HUT Kutim ke-24, Diskominfo Staper Kutim Persembahkan Kostum Suku Dayak dalam Kirab Budaya

oleh -608 views
393863127 1028830251754917 670412672175411573 n

Sangatta – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kutai Timur ke-24, Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) turut berpartisipasi dalam Kirab Budaya. Peserta dari Diskominfo Staper Kutim yang terdiri dari para staf dipimpin oleh Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian, Reza Triakbari, turut serta dalam perhelatan tersebut.

Pada acara Kirab Budaya yang menampilkan beragam kekayaan budaya Kutai Timur, Diskominfo Staper tampil mengenakan busana etnik suku Dayak yang dipadukan dengan berbagai hiasan dan aksesoris tambahan. Partisipasi mereka menarik perhatian masyarakat yang antusias, terutama saat para peserta menampilkan kreativitas mereka di depan panggung kehormatan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat termasuk Bupati Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Wakil Ketua DPRD Kutim II Arfan, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, dan undangan lainnya.

Baca Juga :  Idul Adha 1445 H, Wabup Kasmidi Sembelih Hewan Kurban di Masjid Agung Al-Faruq

“Kami sengaja memilih busana adat suku Dayak sebagai bentuk penghargaan terhadap salah satu suku asli di Kalimantan. Selain keindahannya, baik warna maupun coraknya, busana ini melambangkan apresiasi terhadap keberagaman budaya,” jelas Reza (sapaan akrabnya) pada Minggu (22/10/2023).

Baca Juga :  Camat Muara Bengkal Apresiasi Kinerja Pemerintah Kabupaten Kutai Timur

Diskominfo Staper tampil dengan kostum yang dominan hitam dan putih dengan corak khas suku Dayak, disertai dengan pertunjukan tarian tradisional kreasi khas suku Dayak Kenyah. Penampilan ini mendapat apresiasi luar biasa dari penonton yang turut hadir di panggung kehormatan, yang rela berpanas-panasan demi menyaksikan acara yang hanya berlangsung sekali dalam setahun tersebut.

Baca Juga :  Bupati Kutim Sampaikan Nota Penjelasan di Paripurna Ke 10 Tentang Raperda Tahun 2024

“Kami merasa bangga karena mendapat sambutan yang luar biasa dan tepuk tangan yang meriah dari penonton yang hadir,” tambah Reza.

Kirab Budaya diikuti oleh 45 regu dari berbagai latar belakang, meliputi Perangkat Daerah, instansi vertikal, organisasi masyarakat, perusahaan, Kecamatan, sekolah, dan paguyuban yang ada di Kutim. Acara ini dilepas resmi oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman, di Jalan Margosantoso satu, dengan didampingi oleh sejumlah pejabat dan undangan penting lainnya. (bk)