SDN 001 Sangatta Utara Lestarikan Batik Kutai Timur

oleh -246 views
SDN 001 Sangatta Utara Lestarikan Batik Kutai Timur
Kepala Sekolah SDN 001 Sangatta Utara, Tri Agustin

SangattaSDN 001 Sangatta Utara telah melestarikan batik Kutai Timur melalui program P5 dalam merdeka belajar.

Menurut Kepala SD 001 Sangatta Utara, Tri Agustin Kusumaningrum, P5 dalam kurikulum merdeka belajar dapat menggali potensi keterampilan yang dimiliki oleh anak didik di satuan pendidikan.

Baca Juga :  Gubernur Kaltim Hadiri dan Resmikan Porprov ke VII Kaltim di Berau

“Nah kami mengambil tema melestarikan batik Kutai Timur dalam pendidikan muatan lokal,”ungkap Kepala SD 001 Sangatta Utara, Tri Agustin Kusumaningrum, saat ditemui awak media di Hotel Kutai Permai, Sangatta Selatan, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga :  Irma : Semangat Perjuangan Pahlawan Bisa Menjadi Inspirasi Para Siswa Menuntut Ilmu

Pihaknya memilih tema batik Kutai Timur lantaran batik Kutai Timur memiliki nilai-nilai luhur yang tinggi. Oleh karena itu, demi melestarikan kearifan lokal Kutai Timur, pihaknya banyak melakukan kegiatan P5 dengan pembelajaran kerajinan batik.

“Kami juga melakukan MoU kedepannya akan melakukan pengembangan-pengembangan batik Kutai Timur, nah itu salah satu kegiatan Mulok kami,” jelasnya.

Baca Juga :  Siap Rebut Medali Emas, Tim Futsal Kutim Melenggang Ke Babak Final Hadapi Tim Futsal Samarinda setelah Menang Atas Berau

Tidak hanya itu, dampak positifnya terhadap anak didik di SD 001 Sangatta Utara dapat membuat karya seni berdasarkan imajinasinya masing-masing. (Bk*2)