Peringatan Hari Hipertensi, Dinkes Kutim Gelar Cek Kesehatan Gratis

oleh -392 views
WhatsApp Image 2024 06 10 at 19.55.43 696x313 1

Sangatta – Dalam rangka Peringatan Hari Hipertensi Sedunia yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan cek kesehatan gratis di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara, Minggu (09/6/2024).

Kepala Dinkes Kutim, Bahrani, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya penyakit yang menduduki peringkat kegita dunia setelah stroke dan jantung, yakni penyakit hipertensi.

Baca Juga :  Proyeksi PAD Kutim Meningkat, Zubair Sebut Beberapa Faktor

“Penyakit ini (Hipertensi) memang sudah diderita oleh sepertiga masyarakat di dunia. Jadi makin tua umur manusia, makin rentan bisa terjangkit. Karena metabolism sudah terganggu, kekakuan pembuluh darah yang berdampak terhadap tekanan yang akan meningkat,” ujarnya.

Selain itu, upaya sosialisasi pencegahan dan penanganan penyakit Hipertensi juga sudah masuk dalam program Integrasi layanan Primer (ILP) yang dicanangkan leh Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Dimana saat ini pemerintah lebih memfokuskan agar setiap pusat layanan kesehatan melakukan upaya-upaya pencegahan, ketimbang mengobati.

Baca Juga :  David, LKPJ Bupati 2022 Merupakan Bentuk Pertanggungjawaban Bupati

“Jadi jangan sampai masyarakat sudah terjadi komplikasi baru berobat. Berarti sudah terlambat, jadi saya imbau masyarakat, apabila sudah mulai mengalami gejala penyakit segera datang ke puast kesehatan terdekat,” pinta Bahrani.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kutim, Siti Robiah Ardiansyah, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kesadaran diri untuk merubah pola hidup dan pola pikir yang lebih sehat merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh masyarkat.

Baca Juga :  Paripurna ke 18, Agusriansyah Sampaikan Pandangan Umum Fraksi AKB

Menurutnya, hal tersebut dapat meminimalisir potensi terjadinya berbagai macam jenis penyakit, salah satunya hipertensi.

“Alhamdulillah dengan adanya peringatan hari Hipertensi ini, menjadi salah satu wujud perhatian yang diberikan oleh pemerintah terhadap kesehatan masyarakat. Saya harap masyarakat juga tidak segan-segan untuk memeriksanakan kesehatan secara rutin, kalau memang sudah memiliki riwayat, konsumsi obat secara teratur,” ucapnya.