Pemkab Kutim Bagikan 1500 Bendera Merah Putih

oleh -340 views
28da5249 ad5e 4902 9c2b f4b21ce97706

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan upaya untuk membangkitkan semangat nasionalisme dengan membagikan 1500 bendera merah putih secara gratis kepada masyarakat. Hal ini dilakukan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Kegiatan pembagian bendera merah putih ini menyasar berbagai kalangan masyarakat, termasuk pengendara kendaraan roda empat, roda enam, dan roda dua di depan Sekolah Negeri (SDN) 004 Sangatta pada Jumat, 11 Agustus 2023 pagi.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, yang memimpin kegiatan tersebut, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua yang hadir dalam acara pembagian bendera tersebut. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama menjelang peringatan HUT RI, di mana pemerintah dan masyarakat berpartisipasi dalam berbagai acara untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Baca Juga :  DPRD Kutai Timur Gelar Rapat Pansus Terkait Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI

“Termasuk hari ini kegiatan pembagian Bendera Merah Putih yang dikoordinir oleh Kesbangpol,” ujar Kasmidi.

Kasmidi menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Badan Kesbangpol beserta seluruh jajarannya. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan di kecamatan-kecamatan lain di Kutim.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Apresiasi Pembangunan SPAM di Kecamatan Kaubun

“Dengan ucapan Bismillahirahmani Rahim pembagian bendera kita mulai,” ucap kasmidi.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Kutim, Muhammad Basuni, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari instruksi pemerintah pusat dalam Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih tahun 2023.

“Alhamdulillah kegiatan pembagian bendera kali ini adalah program Nasional oleh Kemendagri dengan melibatkan seluruh kepala daerah se Indonesia. Bendera yang dibagikan sebanyak 10 juta lembar secara Nasional,” tuturnya.

Baca Juga :  Darsafani : Bazzar Promosi UMKM Jadikan Sebagai Ajang Menggali Potensi dan Seleksi

Untuk Kabupaten Kutai Timur, sekitar 1500 lembar bendera dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan pembagian bendera ini difokuskan di dua kecamatan, yaitu Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, sebagai bentuk motivasi untuk menumbuhkan rasa cinta kepada NKRI.

Muhammad Basuni menambahkan bahwa kegiatan pembagian bendera ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan secara nasional, seiring dengan perayaan HUT ke-78 RI tahun ini.

“Kegiatan pembagian bendera merah putih ini secara Nasional merupakan kegiatan yang kedua sejak tahun 2022 lalu menyambut HUT ke-78 RI,” ungkapnya.(bk)