Novel Paparkan Tahapan Kerja Pansus terkait Penanganan Permasalahan Poktan Karya Bersama dengan PT Indominco Mandiri

oleh -48 views
1c6c3942 53da 4043 b57e df8d0197c9eb

Sangatta – Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Novel Tyty Paembonan, mengaku bahwa pihaknya telah melakukan beberapa tahapan kerja terkait penanganan permasalahan Kelompok Tani (Poktan) Karya Bersama dengan PT Indominco Mandiri.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat membacakan Laporan Hasil Kerja (LHK) Pansus pada Rapat Paripurna ke-29 yang digelar di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kutim, Kamis (04/7/2024).

Pada kesempatan tersebut, Novel mengatakan bahwa pada tanggal 8 Juni 2023, pihaknya telah melaksanakan Rapat Bersama dengan instansi terkait tindak lanjut penanganan permasalahan Poktan Karya Bersama dengan PT Indominco Mandiri. Selain itu, pihaknya juga mengundang beberapa unsur terkait pada tanggal 13 Juni 2023.

Baca Juga :  Yan Inginkan Perhatian Terhadap Pendidikan Bisa Sampai Pelosok

“Kemudian pada tanggal 21 Juni 2023, Rapat Pansus dilaksanakan dan dihadiri oleh beberapa undangan,” ujar Novel.

Ia juga mengungkapkan bahwa Pansus DPRD Kutim telah melakukan peninjauan lokasi di area pertambangan PT Indominco Mandiri pada tanggal 20 Juli 2023. Peninjauan tersebut dilaksanakan bersama dengan Dinas Pertanahan dan BPKH Wilayah IV Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), serta Poktan Karya Bersama.

Baca Juga :  Mulyana Sampaikan Pandangannya Terkait Keterlibatan Perempuan dalam Dunia Politik

Pada tanggal 21 September 2023, lanjut Novel, pihaknya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Bagian Direktorat Jenderal (Ditjen) penegak hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk berkonsultasi terkait penganganan masalah tersebut. Selain itu, pihaknya juga berkonsultasi ke Bagian Ditjen Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tanggal 22 September 2023.

Baca Juga :  Tidak Mencapai Target, Agusriansyah Berikan Tanggapan Terkait Penyerapan Anggaran Triwulan Pertama

“Selanjutnya pada tanggal 17 Oktober 2023, Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM mengundang pihak terkait untuk memfasilitasi penyelesaian tindak lanjut permasalahan tersebut,” tambahnya.

Terakhir, Ditjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM bersama KLHK melakukan peninjauan lapangan dan verifikasi lapangan di PT Indominco Mandiri pada tanggal 1 November 2023. (bk)