Implementasi Germas, Bupati Lakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Karangan Ilir

oleh -482 views
IMG 20240520 WA0060

Kutai Timur – Dalam rangka implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman didampingi Ketua TP PKK Kutim, Siti Robiah Ardiansyah, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Bahrani Hasanal, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kecamatan Karangan Ilir, Senin (20/5/2024).

Acara yang mengusung tema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita” ini diawali dengan olahraga bersama yang dilanjutkan dengan gerakan makan buah dan minum susu bersama.

Baca Juga :  May Day 2023, Joni Siap Fasilitasi Terkait Enam Tuntutan Serikat Buruh

Pada kegiatan Germas yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Karangan Ilir tersebut, Kepala Dinkes Kutim, Bahrani mengatakan bahwa telah terjadi transformasi pada Germas yang dahulu dan sekarang, jika Germas dahulu mengobati, maka Germas sekarang lebih ke arah mencegah atau preventif.

“Sekarang transformasi primer Germas dari berobat jadi mencegah. Jangan sampai kalau terjadi baru datang berobat. Kalau bisa segera cek kesehatan dengan berobat,” tegasnya.

Baca Juga :  Wabup Kasmidi Hadiri Penutupan Turnamen SPANSATARA Cup II

Bahrani mengingatkan agar masyarakat selalu rajin datang berobat agar diketahui penyakitnya, dan agar tidak terjadi komplikasi. Dengan harapan, penyakit yang mematikan dapat dicegah atau diatasi.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa masyarakat perlu mempertahankan pola gaya hidup sehat.

“Kami harapkan bagaimana sosialisasi berbudaya hidup sehat dijaga dari anak kecil, agar berperilaku hidup sehat. Mari kita mulai dengan hidup sehat, dengan pencangan, dengan sering-sering cek kesehatan. Semoga semua sehat, semoga kita semua produktif,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Kutim Serahkan Bantuan Mobil Ambulance untuk Masjid Ulul Albaab

Sementara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengajak seluruh masyarakat Karangan Ilir untuk selalu menjaga kesehatan, dengan cara mengkonsumsi buah dan susu secara rutin.

“Maksudnya makanan sehat seperti ini ada tersedia di rumah kita. Kita sajikan buah pepaya, pisang, dan buah lainnya di rumah kita. Silahkan hidup sehat, silahkan makan buah di rumah, setuju?” ucap Bupati Ardiansyah saat membuka kegiatan Germas. (bk)