Dinkes Kutim Adakan Pos Check Up Gratis di Kecamatan Karangan, Bupati: Sebaiknya Dilakukan pada Hari Libur

oleh -495 views
IMG 20240522 WA0111

Kutai Timur – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) membuka pos check up untuk periksa kesehatan secara gratis di Kantor Desa lama Karangan Ilir, Senin (20/5/2024).

Pembukaan pos check up tersebut merupakan rangkaian dari gelaran kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang telah dilakukan sebelumnya, dimulai dari makan buah, minum susu, hingga olahraga bersama.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinkes Kutim, Bahrani mengatakan bahwa kegiatan tersebut sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, para pasien yang ingin periksa kesehatan diharuskan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai persyaratan.

Baca Juga :  PT PAMA Berikan Satu Unit Mesin Penggiling Padi untuk Poktan BOSS

“Persyaratan yang diminta yakni dengan membawa KTP. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam,” ujar Bahrani.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar sering melakukan cek kesehatan agar dapat diketahui penyakitnya, dan sebagai bentuk pencegahan jika terdapat penyakit yang parah.

Baca Juga :  Idul Adha 1445 H, Wabup Kasmidi Ajak Masyarakat Introspeksi Diri dan Tingkatkan Kualitas Ibadah

“Jangan sampai berpenyakit baru berobat. Mari kita mulai dengan hidup sehat, dengan sering-sering check kesehatan,” tuturnya.

Bahrani mengungkapkan, dalam kegiatan check up gratis tersebut terdapat berbagai jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah.

“Rajin rajinlah berobat agar diketahui penyakitnya, jangan sampai terjadi komplikasi. Penyakit yang mengenaskan bisa dicegah dari sekarang,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang sedang meninjau kegiatan tersebut, menyapa masyarakat dengan menanyakan kesehatan dan keluhan yang mereka alami.

Baca Juga :  Merajut Kebhinekaan, Dispora Adakan Festival Pemuda Kutim 2024

“Gimana tadi pemeriksaannya, sehat? Gula darah aman?” tanya Ardiansyah kepada para masyarakat yang mengikuti cek kesehatan.

Bupati juga memberikan saran kepada Dinkes Kutim agar melakukan pemeriksaan pada hari libur. Hal ini dimaksudkan agar yang ingin berobat dapat lebih mudah hadir, baik itu kalangan masyarakat, pemerintah, maupun swasta. (bk)