Gelar Aksi Tebar Eco Enzyme di PIS, Kasmidi Bulang Apresiasi Komunitas Peduli Lingkungan Kutim

oleh -70 views
77ddcbf1 ca5b 4246 b203 2fe9308a532b

BERITAKUTIM.COM, Sangatta -Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, mengikuti aksi tebar Eco Enzyme yang dilaksanakan oleh beberapa komunitas peduli lingkungan yang ada di Kutim.

Kegiatan ini berlangsung di Pasar Induk Sangatta (PIS), tepatnya di tempat penampungan limbah yang terletak di belakang stand penjualan ikan, Kamis (11/07/2024).

Diketahui, Enzyme adalah cairan yang dihasilkan dari proses fermentasi limbah organik dapur yang diolah menjadi bahan yang mengandung bakteri baik. Sehingga, cairan tersebut memiliki banyak manfaat untuk alam dan manusia, seperti untuk mengurai atau menghilangkan penyebab bau yang disebabkan oleh limbah.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengaku bangga dengan terobosan komunitas pecinta lingkungan yang diinisiasi oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Kutim ini. Kasmidi menilai, inovasi tersebut dapat membantu pemerintah dan juga masyarakat untuk menangani persoalan-persoalan terhadap lingkungan.

Baca Juga :  Malam Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H / 2021 M, Operasi Yustisi Di Kutim Terus Di Galakan

“Ini luar biasa, inovasi yang cukup membantu masyarakat kita agar bisa lebih sehat. Karena salah satu penyebab timbulnya penyakit berasal dari kondisi lingkungan yang tidak sehat, diantaranya saluran air,” ucap Wabup Kasmidi di hadapan, Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Efendi Rustam Lubis, Kepala UPT PIS Bohari, perwakilan DLH Kutim Sugiyono serta undangan lainya.

Terobosan yang pertama kali ditemukan di Thailan tersebut, lanjut Kasmidi, tidak hanya berguna untuk menghilangkan bau, tetapi juga bisa digunakan untuk membantu menyuburkan tanaman pengganti cairan pembersih lantai, dan sebagainya. Sehingga, masyarakat dapat memiliki pilihan alternatif yang lebih ramah lingkungan, dikarenakan cairan tersebut merupakan hasil dari fermentasi sampah organik berupa sayuran yang sudah tidak dimanfaatkan.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Melancarkan Pencernaan Hingga Kurangi Risiko Kanker

“Sebagai daya dorongnya, nanti kami dari pemerintah akan bantu untuk pengadaan drum melalui UPT Pasar Induk, karena bahan bakunya sudah ada di sini, jadi nanti tinggal produksi saja,” ujar Wabup Kasmidi yang di sambut riuh tepuk tangan undangan yang hadir.

Baca Juga :  Sambut Kapolda Kaltim, Bupati Ardiansyah Beberkan Produk Koperasi dan UMKM Kutim Sudah Ada Masuk Pasar Global

Gelar Aksi Tebar Eco Enzyme, Kasmidi Bulang Apresiasi Komunitas Peduli Lingkungan Kutim

Gelar Aksi Tebar Eco Enzyme, Kasmidi Bulang Apresiasi Komunitas Peduli Lingkungan Kutim
Suasana Aksi Tebar Eco Enzyme di Pasar Induk Sangatta

Sementara itu, Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Kutim Efendi Rustam Lubis mengatakan bahwa gerakan seperti ini ada berdasarkan kepedulian bersama seluruh pecinta lingkungan di Kutim, mengingat kondisi lingkungan saat ini belum sepenuhnya terbebas dari bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh  limbah.

“Enzyme merupakan bakteri baik, jadi ketika kita tabur, dia akan melawan bakteri jahat yang menjadi penyebab bau tak sedap dan sumber penyakit. Dan gerakan ini akan terus kami lakukan di berbagai tempat publik lainya di Sangatta,” ujarnya.