Di Event Bazar UMKM Roadshow, Dinas Perikanan Kutim Akan Tampilkan Produk Hilir Kelompok Nelayan

oleh -197 views

SANGATTA – Produk hilir yang di hasil oleh kelompok nelayan binaan Dinas Perikanan akan dititipkan untuk di libatkan dalam Event Bazar UMKM Roadshow yang akan di selenggarakan tahun 2023 ini.

Hal ini di sampaikan oleh Suriansyah Kepala Dinas Perikanan Kutai Timur (Kutim), Selasa (28/2/2023) saat menghadiri rapat persiapan Event Bazar UMKM Roadshow 2023 di Aula Dinas Koperasi dan UMKM Kutim.

Baca Juga :  Hari kedua HKG ke 50 Kaltim, Senam Bersama, Tanam Jahe dan Anggrek Hingga Game Fun

“Dalam kegiatan tersebut, Kami akan berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM untuk menampilkan produk hilir binaan Kami” ujar Suriansyah.

Dirinya menambahkan pihaknya (Dinas Perikanan Kutim) aktif memberikan pendampingan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) pengolahan hasil perikanan untuk di jadikan produk.

“Diantara Bimtek yang kami lakukan seperti pengolahan krupuk ikan dan lainnya,” tuturnya.

Baca Juga :  Desa Swarga Bara Sekarang Punyai Rumah Restorative Justice

Selanjutnya dirinya menambahkan, di tahun 2023 ini Program dan Kegiatan Dinas Perikanan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti hibah bantuan untuk para nelayan.

“Namun karena perubahan nomenklatur, tentu ada dampak yang signifikan, artinya di laut kami tidak ada lagi dan lebih fokus di darat seperti budidaya termasuk kolam-kolam, baik itu kolam terpal, kolam tanah maupun kolam dari semen,” beber Suriansyah.

Baca Juga :  PTM Terbatas Telah Berjalan Tiga Minggu, Kadiskes Akui Belum Ada Laporan Kasus Covid-19

Akan tetapi, sambungnya semua itu masih dilakukan sosialisasi-sosilisasi dulu ke masyarakat, mengingat masyarakat yang ada di wilayah pedalaman belum terlalu familiar dengan kolam-kolam tersebut.

“Saat ini masyarakat masih banyak menangkap ikan di perairan secara langsung, jadi kami akan mencoba sosialisasikan agar masyarakat dapat membudidayakan ikan,” pungkas Suriansyah. (G-S02).