Duta Budaya Asal Kutim Berhasil Raih Juara Fotogenik Tingkat Nasional

oleh -384 views
WhatsApp Image 2023 11 13 at 12.51.09

SANGATTA – Duta Budaya dari Kutai Timur menjadi salah satu perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia di Bengkulu. Duta Budaya dari Kutai Timur berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara kategori fotogenik.

Awalnya, Duta Budaya Kutai Timur atas nama Agatha Dera Fiorentina berpasangan dengan Duta Busaya Paser atas nama Rohman Hidayat menjadi perwakilan Duta Budaya Kaltim di tingkat nasional.

“Ini kegiatan lanjutan dari pemilihan Duta Budaya Kaltim tahun 2022 selama 1 tahun, Duta Budaya Putri Kutim berpasangan dengan Duta Budaya Putra Paser, tahun ini mereka mewakili Kaltim di tingkat nasional,” ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kutim, Padliansyah, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga :  Panjenengan Arief dan Sgt Skud Berhasil Keluar Sebagai Juara Turnamen E-Sport se Kutim

Selama kegiatan yang berlangsung dari 1 hingga 4 November 2023, para peserta Pemilihan Duta Budaya Indonesia menjalani berbagai pelatihan dan penilaian.

Lalu, di malam puncak tanggal 4 November 2023 diadakan Grand Final Pemilihan Duta Budaya Indonesia di tahun kedua pelaksanaan.

Baca Juga :  Paripurana ke 18, David Rante Sampaikan Pandangan Umum Fraksi KIR

Tak dapat dipungkiri, prestasi membanggakan tercipta dalam ajang ini. Putra budaya Kaltim berhasil meraih juara 1 pada tahun pertama pelaksanaan Pemilihan Duta Budaya Indonesia, dan prestasi tersebut terulang kembali pada tahun ini sebagai Putra Budaya Indonesia 2023.

Tak hanya itu, putri budaya Kaltim yang mana asalnya dari Kutai Timur juga menjadi pemenang kategori fotogenik.

“Duta Budaya Kaltim di ajang nasional memamerkan busana-buaa khas Kaltim, mulai dari batik wastra dari Kutim, baju khas dari Paser, pakaian adat Dayak, dan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Sayyid Anjas Sumbangkan Seekor Sapi Untuk Warga RT 04 di Jalan Gajah Mada

Mengenai prestasi ini, pemerintah kabupaten (Pemkab) Kutim memberikan perhatian khusus. Rencananya, putri budaya Kutai Timur yang meraih kategori fotogenik akan mendapatkan apresiasi istimewa.

“Masih dibicarakan dan akan disesuaikan dengan kebutuhan anaknya, saat ini belum pulang karena yang menang masih harus tinggal di Bengkulu, mungkin nanti bisa dibantu beasiswa kuliahnya,” pungkasnya. (bk)