Disdikbud Kutim Gelar Pesantren Kilat Ramadhan Tingkat SMP

oleh -344 views
68000b63 4eed 4bb4 b14f e3477476ad53

Sangatta – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan pesantren kilat Ramadhan tingkat SMP di Masjid Al Faruq Bukit Pelangi Sangatta, Rabu, (27/3/2024).

Hadir dalam acara keagamaan tersebut Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, Kepala Kementrian Agama Kutai Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Timur (Kadisdikbud Kutim) Mulyono, Ustadz Muhammad Yasir, serta guru pendamping. Peserta kegiatan ini adalah siswa SMP yang didampingi oleh guru pendamping.

Baca Juga :  75 Pelaku Usaha Salon di Kutim Mengikuti Pelatihan Hair Salon Business 2023

Pesantren kilat ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti lomba kaligrafi, adzan, pidato, dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu.

Kadisdikbud Kutim, Mulyono menjelaskan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk mengisi kegiatan para siswa di bulan suci Ramadhan. Selain itu juga sebagai bentuk upaya dalam membentuk karakter siswa yang sejalan dengan kurikulum merdeka.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai dan takwa siswa, karena sangat terkait dengan kurikulum merdeka. Khususnya pendidikan karakter untuk peningkatan iman dan takwa,” tambahnya.

Baca Juga :  Wabup Kasmidi Bulang Tutup Kejuaraan Sprint Race Swimming Open 2023

Selain itu, Mulyono juga menambahkan bahwa kegiatan serupa telah dilaksanakan di empat kecamatan, yaitu Sangatta Utara, Sanggata Selatan, Bengalon, dan Teluk Pandan, dengan jumlah peserta sebanyak 600 siswa.

Sementara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para guru pendamping atas terlaksananya kegiatan pondok pesantren kilat ini.

Baca Juga :  192 Peserta dari Berbagai Instansi Ikuti Rakor Penanganan Konflik Sengketa Lahan

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada guru Pendidikan Agama Islam SMP yang telah mendampingi siswanya,” ujarnya.

Bupati Ardiansyah juga menambahkan bahwa masjid ini telah dilengkapi dengan fasilitas untuk manasik haji, termasuk properti Ka’bah, yang akan membantu latihan siswa dalam meningkatkan keimanan mereka.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi yang terbaik untuk perkembangan anak didik ke depan,” tutupnya. (bk)