Disdikbud Kutim Gelar Pemilihan Dinda dan Kanda Duta Budaya Tahun 2024

oleh -401 views
77394e8a 96f1 43b7 8380 8e6b1b3cdafd scaled

Sangatta – Putra-putri terbaik Kutai Timur saat ini mengemban tugas mulia dalam ajang pemilihan Dinda dan Kanda Duta Budaya tingkat Kabupaten tahun 2024 yang digelar di Hotel Victoria Sangatta, Sabtu (22/6/2024) malam.

Acara dengan tema “Promosi Pemajuan Kebudayaan Sebagai Sarana Mengenalkan Magic Land Kutai Timur” tersebut merupakan wadah untuk memilih duta yang akan memperkenalkan serta melestarikan kekayaan budaya daerah yang ada di Kutim.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, Mulyono menekankan pentingnya peran duta budaya dalam menjaga dan mempromosikan keanekaragaman budaya Kabupaten Kutai Timur.

“Anak-anaku kalian adalah orang terpilih yang akan menjadi garda terdepan dalam menjaga, memperkanalkan dan melestarikan serta mempromosikan keaneragaman budaya di Kutim. karena tidak semua sanggup untuk menjalankan tugas itu, dan saya harap manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” ujar Mulyono.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kutai Timur Salurkan Bantuan Pupuk ke Kelompok Tani Panji Tiga di Teluk Pandan

Mulyono mengatakan, Kutai Timur dikenal bukan hanya karena kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah, tetapi juga sebagai “Magic Land” yang mampu memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, baik secara lokal maupun nasional.

“Jadi tidak salah kalau kita menganggap Kutai Timur ini “Magic Land” dalam artian, bukan tanahnya yang ajaib, tapi karena kita memiliki banyak potensi sumber daya alam yang cukup banyak dan bisa memberikan penghidupan bagi masyarakatnya. Dan tidak semua wilayah memiliki itu, itu poinnya, dan hal ini perlu di ketahui oleh duta budaya kita, ” terangnya.

Baca Juga :  Abdi Firdaus Ingin Kembangkan UMKM untuk Gerakkan Roda Ekonomi Masyarakat

Mulyono berpesan agar para peserta yang mengikuti ajang tersebut dapat memberikan penampilan yang terbaik, agar bisa menjadi kebanggaan orang tua dan Kabupaten Kutim.

“Saya berharap para finalis dan yang keluar sebagai juara nantinya bisa mengembangkan tugas ini dengan baik, serta bisa berkontribusi bagi perkembangan budaya di Kutim maupun Kaltim,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Disdikbud Padliyansyah melaporkan bahwa kegiatan seleksi pemilihan Kanda dan Dinda Duta Budaya 2024 dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 21 Juni hingga 22 Juni. Pemilihan tersebut merupakan yang ketiga kalinya selama adanya ajang pemilihan Kanda dan Dinda Duta Budaya.

Baca Juga :  Faizal Rachman Minta Perketat Pengawasan Terhadap Koperasi di Kutim

“Kegiatan ini juga merupakan tahap awal untuk menuju ke tahap berikutnya. Bagi yang keluar sebagai juara kanda dan dinda pada malam ini akan kita berangkatkan untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Padliyansyah menjelaskan bahwa pelaksanaan Duta Budaya tingkat provinsi akan dilaksanakan di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, di sekitar museum Mulawarman. Pelaksanaannya dimulai pada tanggal 4 Juli sampai 7 Juli 2024.

“Khusus bagi yang menang malam ini, nanti akan kita karantina di Kota Samarinda sejak tanggal 1 sampai 3 Juli. Jadi, bagi orang tua yang anaknya menang nanti, kami minta izin untuk memberangkatkan mereka sekitar satu minggu untuk mengikuti lomba,” pungkasnya. (bk)