Bupati Kutim Mengapresiasi Kegiatan Bimtek Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

oleh -381 views
news lg 1689583654

Sangatta – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, menghadiri dan menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Tahun 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim dan diikuti oleh 300 peserta dari 10 kecamatan di Kutim. Acara tersebut telah berlangsung selama dua hari sebelumnya di Hotel Kutai Permai, Sangatta Selatan dan berakhir pada Minggu, 16 Juli 2023.

Dalam keterangannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi inisiatif Disdikbud Kutim dalam mengadakan kegiatan ini sebagai bagian dari masa transisi, khususnya dalam proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Baca Juga :  Novel Mendukung Program Perubahan RTRW

Ardiansyah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan ide yang luar biasa, dan dia sangat mengapresiasi upaya tersebut. Kutim menjadi satu-satunya yang melaksanakan program ini. Dia menekankan pentingnya pemahaman dan kesepahaman antara guru-guru PAUD dan SD dalam proses transisi ini. Mereka harus saling bekerja sama dan tidak saling menggurui serta tidak saling menyalahkan satu sama lain. Konsep menyenangkan dalam pembelajaran akan memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak tanpa memaksakan mereka.

Baca Juga :  Rapat Paripurna ke 10, Zubair Terangkan Terkait Arus Kas

“Ini sangat luar biasa dan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Agar menjadi satu ke pemahaman, maka dilaksanakan Bimtek dan nampaknya hanya Kutim yang melaksanakan,” ucap Ardiansyah Sulaiman.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kutim, Mulyono, menyampaikan bahwa acara Bimtek diikuti oleh 300 peserta dari 10 kecamatan di Kutim. Kegiatan ini merupakan gelombang terakhir dari lima gelombang yang ada, dan setiap gelombang Bimtek dilaksanakan selama dua hari.

“Ini merupakan gelombang terakhir dari 5 gelombang yang ada dan setiap gelombang, Bimtek dilaksanakan selama 2 hari,” ujar Mulyono.

Baca Juga :  Peserta Calon Paskibraka Kutai Timur Mulai Pemusatan Latihan

Dia juga menegaskan bahwa Pemkab Kutim mendukung program transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan dengan melaksanakan upaya konkret dan nyata. Guru-guru PAUD dan SD dilatih untuk mempersiapkan konsep pembelajaran yang menyenangkan dengan mendatangkan narasumber yang ahli dalam bidang tersebut.

Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak selama masa transisi dari PAUD ke SD. Hal ini diharapkan akan membantu anak-anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru.(bk)