Workshop Mekanisme Penanganan Keluhan, Ery : Masukan Masyarakat Penting Untuk Perbaikan

oleh -

SANGATTA – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik Kutim) Ery Mulyadi menyebut, masukan dari masyarakat atau stakeholder sangat penting pemerintah untuk melakukan upaya-upaya perbaikkan dalam pelayanan publik.

“Salah satu diantaranya bagaimana membuka kran atau pengaduan disampaikan oleh masyarakat melalui Pemkab Kutim. Begitu penting peran pengaduan dari masyarakat kepada Pemda untuk melakukan upaya-upayan perbaikkan,” ungkap Ery salah menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Workshop Mekanisme Penanganan Keluhan (Grievance Mechanism) yang digelar Bappeda bekerjasama dengan UASID SEGAR, di Hotel Royal Victoria, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga :  Disdik Gelar Sosialisasi Assessment Jenjang SMP

Lebih lanjut Ery menambahkan, jumlah pengaduan sedikit dari masyarakat, berarti pelayanan publik yang telah diberikan sudah baik. Bisa saja disebabkan karena masyarakat terbatas memiliki akses untuk melaporkan atau mengadukan permasalahan yang ada dimasyaraat kepada pemerintah.

Baca Juga :  PPKM Level 4 Di Kutim Berakhir 9 Agustus, Diperpanjang atau Tidak ?

“Banyak faktor atau variable yang menentukkan baik atau tidaknya pelayanan publik itu sudah di lakukan oleh Pemda. Peran penting pengaduan pelayanan publik yang lebih baik tentu saja tujuan akhir adalah, bagaimana mewujudkan pelayanan publik di yang berkuaitas dan berkeadilan seluruh masyarakat di Kutim,” ucap Ery.

Menurut Ery, pengaduan keluhan merupakan ruang masyarakat untuk berpatisipasi sebagai bentuk pengawasan. Kemudian mekanisme penanganan pengaduan merupakan sarana untuk perlidungan bagi penyelenggara pelayanan publik. Artinya dengan adanya pengaduan tentu saja ada upaya-upaya peningkatan perbaikkan pelayanan.

Baca Juga :  KNPI Kutim dan Visit Kutim Bakal Gelar Camping Pemuda Besok

“Diharapkan pengaduan yang terintegrasi. Ini membuat aduan yang disampaikan masyarakat itu efektif, efisien dan mudah masyarkat. Dengan kemudahan akses, diharapakan aduan yang disampaikan kepada Pemda akan semakin meningkat. Sehingga perbaikkan dalam pelayanan publik dapat dilaksanakan,” pungkasnya. (G-S04)