Polres Kutim Lakukan Sidak Pasar Tradisional, Antisipasi Lonjakan Harga Sembako Jelang Ramadhan

oleh -129 views
IMG 20240308 WA0000 e1709861841116
Tim Tipidter Polres Kutim didampingi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutim saat laksanakan Sidak (ist)

Sangatta – Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kutai Timur (Kutim) laksanakan pengecekan harga sembako. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pasar Induk Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kamis (7/3/2024).

“Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok, fluktuasi harga, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi pedagang dan pembeli,” ungkap Kanit Tipidter Polres Kutim, Ipda Alief.

Baca Juga :  42 Pejabat Fungsional Tenaga Kesehatan Terima SK Tugas Tambahan sebagai Kepala Puskesmas dan TU

Lanjutnya, dari hasil pengecekan lapangan, pihaknya mendapatkan stok bahan pangan di wilayah Pasar Induk Sangatta Utara saat ini terpantau aman dan cukup hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Adapun harga bahan pokok yang mengalami kenaikan hanya beras sebanyak Rp16 ribu perkilogram untuk jenis medium, sedangkan Rp18 ribu perkilogram untuk beras premium, untuk ayam dan telur juga mengalami kenaikan sebanyak Rp3 ribu,” jelasnya.

Baca Juga :  Percepatan Pembangunan Program 3435 Non 3T di Kutim, Para Provider di Kumpulkan

“Selain pengecekan ketersediaan bahan pokok, kami juga melakukan pemantauan terhadap distribusi bahan pokok. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan ketersediaan bahan pokok menjelang Ramadhan,” sambungnya.

Baca Juga :  Haru dan Bangga, Paskibraka Kutim Sukses Jalankan Tugas

Sementara itu, Kanit Tipidter Polres Kutim juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak perlu panik akan ketersediaan stok bahan pokok. Polres Kutai Timur memastikan bahwa stok selama Ramadhan masih cukup banyak dan terpenuhi. (*/Kai)