Piala ASKAB PSSI Kutai Timur 2024 Dibuka, Kasmidi Bulang Dorong Pengembangan Sepakbola Lokal

oleh -61 views
09c574e4 27f7 4482 a7bf 4c059b6b7edb

SANGATTA – Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (ASKAB PSSI) Kutai Timur sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas sepakbola di daerah ini. Untuk tahun ini, mereka menggelar pertandingan di empat zona yang akan mengirimkan empat tim terbaik ke Piala ASKAB Kutai Timur tingkat kabupaten.

Ketua ASKAB PSSI Kutai Timur, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, menyampaikan hal ini saat membuka Piala ASKAB PSSI Kutai Timur 2024 pada Senin malam (8/7/2024) di Stadion Kudungga, Sangatta Utara.

Wabup Kasmidi menyampaikan bahwa ASKAB PSSI Kutai Timur mencoba sistem baru dengan setengah kompetisi dan sistem gugur, yang disesuaikan dengan kondisi wilayah (zona) masing-masing.

Baca Juga :  Hadiri Hari Jadi DPA GBI ke 51, Kasmidi : Pemuda Adalah Garda Terdepan

Ia juga menambahkan bahwa akan diterapkan sistem home and away untuk memastikan setiap klub memiliki homebase. Hal ini bertujuan untuk meratakan perkembangan sepakbola di Kutai Timur.

“Bahkan harapan kita semua desa ada tim sepakbolanya,” ujarnya.

Dikesempatan ini Wabup Kasmidi menyampaikan kabar baik bagi pencinta sepakbola di Kutim. Dirinya menyebut tahun depan (2025) akan dibangun stadion mini yang layak dan standar di 18 kecamatan.

“Rencana ini sudah dimasukan pada program dan kegiatan di 2025,” beber Wabup Kasmidi.

Semua upaya ini dilakukan agar pemain sepakbola Kutai Timur dapat mendukung prestasi Indonesia dalam berbagai kejuaraan sepakbola.

Baca Juga :  Sutomo mengapresiasi Dinas Kehutanan dan Gakumdu KLHK Yang Berhasil Menyita Excavator di Danau Redan

“Bisa saja pemain-pemain kita nantinya bisa ke tim nasional,” harapnya.

Untuk itu dirinya mengajak semua orangtua untuk mendukung anak-anak yang memiliki hobi sepakbola, karena ASKAB PSSI Kutai Timur akan menyediakan ruang, waktu, dan kesempatan untuk mereka.

“Kita juga rencananya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk membangun satu sekolah olahraga. Nantinya anak-anak yang hobby olahraga bisa mengembangkan prestasi dan bisa mendapatkan ijazah formal,” kata ia.

Untuk diketahui di Piala ASKAB PSSI Kutim 2024 ini, di Zona 1 diikuti 16 tim dari Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, Rantau Pulung dan Teluk Pandan. Di Zona 2 diikuti 20 tim dari Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Masengat, Busang dan Batu Ampar.

Baca Juga :  Layanan Adminduk Rekam KTP-el Sudah Bisa di Long Mesangat

Sementara itu di Zona 3 diikuti 22 tim dari Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng dan Telen. Sedangkan di Zona 4 diikuti 16 tim dari Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Karangan, Kaubun dan Kaliorang.

Acara pembukaan Piala ASKAB PSSI Kutai Timur 2024 ini dihadiri oleh Kadispora Kutai Timur, Basuki Isnawan, Ketua KONI Kutai Timur Rudi Hartono, Sekretaris ASKAB PSSI Kutai Timur Fandi Widiarto, perwakilan Polres Kutai Timur, perwakilan Lanal Sangatta, dan undangan lainnya.