Pemkab Kutim Terus Melakukan Upaya Guna Mendukung Pengembangan dan Daya Saing UMKM di Kutim

oleh -459 views
darsafani 1 e1692057417176

SANGATTA – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai bentuk upaya untuk mendukung pengembangan usaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah Kutai Timur, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur terus berupaya mengembangkan produktivitas dan daya saing UMKM dengan memberikan berbagai kemudahan, mulai dari pelatihan, pendampingan perizinan, hingga promosi.

Baca Juga :  Sayid Anjas Targetkan Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022 Selesai Sebelum Deadline

“Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Kutai Timur, UMKM harus terus dikembangkan. Hingga tahun 2023, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kutim telah melaksanakan 34 pelatihan, di mana 30 pelatihan dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan 4 pelatihan dilakukan oleh Global Entrepreneur Professional (GENPRO),” ungkap Darsafani.

Baca Juga :  Faizal Rachman Hadiri Hearing Dengan Koperasi Kombeng Lestai

Darsafani menjelaskan bahwa program-program yang dijalankan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah merupakan rangkaian program berkelanjutan yang telah direncanakan sejak tahun 2022. Salah satu inisiatif utama adalah pelatihan yang diselenggarakan khusus untuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Selain itu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah juga telah memberikan fasilitas kepada 622 UMKM sebagai upaya untuk mendorong perkembangan sektor UMKM di masa depan.

Baca Juga :  Pemerintah Terus Mendorong Perkembangan Koperasi di Kutim untuk Menjalankan Kegiatan dengan Cara Baru dan Modern

“Dalam program ini, telah dilaksanakan 11 pelatihan yang telah diikuti oleh 312 UMKM. Selain itu, telah dilakukan fasilitasi promosi expo untuk 85 UMKM, pendampingan perizinan berusaha untuk sekitar 200 UMKM, dan sertifikasi halal untuk 30 UMKM,” terangnya. (bk)