Malam Ramah Tamah, Wabup Kasmidi: Minat Baca Merupakan Kunci Pengembangan Diri

oleh -60 views
7745c35b 58d7 4aa3 97ea 04874d8fd397

SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) telah berusaha semaksimal mungkin untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wabup Kasmidi saat memberikan sambutan di acara malam ramah tamah Pemkab Kutim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) dengan Gerakan Masyarakat Minat Baca (GMMB) bersama rombongan Tour Library Kaltim 2023 di Ruang Meranti Setkab Kutim, Selasa (28/11/23) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris DKP Kutim Ahmad Rosadi, Ketua GPMB Kaltim Hj Ence Widiyani, Ketua GPMB Kutim Nurul Karim, para narasumber serta undangan lainnya bersama peserta Tour Library Kaltim 2023.

Baca Juga :  DPRD Kutim Gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang Penerimaan Siswa Baru di Jenjang SMA dan SMK

Menurutnya, dengan membaca berarti seseorang ada keinginan untuk maju, sebab dapat memperoleh sumber informasi apapun. Ia juga mengucapkan terimakasih karena Kutim menjadi rute Tour Library Kaltim 2023.

Pada kesempatan tersebut, juga menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Kutim terus melakukan pembenahan-pembenahan, termasuk arsip-arsip dan untuk menumbuhkan minat baca di Kutim sudah ada 40 perpustakaan yang ada di desa.

“Minat baca merupakan kunci pembuka pintu menuju pemahaman yang lebih mendalam dan pengembangan potensi diri yang tak terbatas. Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya membangun kebiasaan membaca, tetapi juga merangsang kreativitas, imajinasi, dan berbagai potensi positif lainnya yang ada dalam setiap individu,” ujarnya.

Baca Juga :  Panen Perdana Bawang Merah di Desa Singa Geweh, Ardiansyah Yakin Akan Jadi Varietas Lokal

Sebelumnya Ketua GMMB Kaltim Taufik yang juga menjabat sebagai Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Minat Membaca, Disperpussip Kaltimi menyampaikan pelaksanaan Tour Library Kaltim 2023 menyambangi 4 kabupaten/kota di Benua Etam yakni Samarinda, Bontang Kutim dan Berau. Tour Library ini merupakan upaya untuk mengkampanyekan pentingnya membaca serta meningkatkan minat baca masyarakat.

“Di setiap titik yang dikunjungi akan ada kegiatan menarik. Seperti kegiatan mendongeng dan kelas menulis. Kemudian juga talk show “Menulis dan Membaca Membuat Kita Sehat,” ungkapnya.

Taufik menyampaikan bahwa rombongan yang ikut serta dalam kegiatan ini juga diiringi 10 unit mobil perpustakaan keliling dari Kabupaten/Kota di Kaltim.

Baca Juga :  Faksi PDI-P Berkomitmen untuk Utamakan Sektor Kebutuhan Utama Masyarakat dalam Penyusunan APBD

“Selama pelaksanaan kegiatan ini, mobil perpustakaan keliling akan memberi layananan peminjaman buku di setiap lokasi yang dikunjungi. Selain itu selama Library Tour berlangsung, acara ini akan menghadirkan narasumber yang memiliki pengalaman luas dalam dunia literasi,” tambahnya.

Dirinya meyakini dengan mengunjungi berbagai daerah dapat meningkatkan minat membaca dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya literasi.

“Saya yakin dengan adanya kegiatan ini dengan menyasar masyarakat umum, akan meningkatkan minat baca. Apalagi seluruh kabupaten/kota di Kaltim ikut serta dalam kegiatan Tour Library,” pungkas Taufik.