KKN di Kutai Timur Mahasiswa UGM Berharap Program yang Dijalankan Bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat

oleh -683 views
KKN di Kutai Timur Mahasiswa UGM Berharap Program Yang Dijalankan Bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat
Salah satu Mahasiswa Universitas UGM Yogyakarta Anik Sri Ernawati, dari program studi Farmasi yang mengikuti KKN di Kabupaten Kutai Timur (27/06/2022). BERITA KUTIM.COM. (poto Istimewa)

BERITA KUTIM. SANGATTA – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Anik Sri Ernawati, dari program studi Farmasi merasa senang dan bersyukur bisa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kutai Timur (Kutim) yang bertempat di Kecamatan Kaubun.

KKN di Kutai Timur Mahasiswa UGM Berharap Program Yang Dijalankan Bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat
Suasana Poto Bersama saat pelepasan mahasiswa Universitas UGM Yogyakarta dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda

Anik menyebut Pemkab Kutim sangat mensupport kegiatan KKN ini, apalagi  diadakan acara pelepasan yang langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, disamping itu masyarakat Kutim juga sangat ramah-ramah. Tentunya ini menjadi spirit  dirinya dan mahasiswa yang lain untuk memberikan yang terbaik dalam mengedukasi masyarakat.

“Karena saya di program Farmasi, Insyaallah program kerjanya nanti bekerjasama dengan Dinas Kesehatan maupun Puskesmas sehinggga sinkron dengan apa yang diinginkan Pemkab Kutim,” ujar Anik sesaat sebelum dilakukan pelepasan di Halaman Kantor Bupati Kutim, Pada Selasa (27/06/2022).

Baca Juga :  Kasmidi, GERPANA Terus Bersinergi dengan Pemerintah Dalam Upaya Memberantras Narkoba di Kutim

Mahasiswa UGM ini berharap dengan KKN ini dapat mendapat pelajaran yang berharga dan pengalaman, apalagi tujuan dari KKN adalah mengabdikan diri di masyarakat sehingga program yang nanti dijalankan bisa bermanfaat dan tidak berhenti setelah KKN tapi bisa berkelanjutan.

KKN di Kutai Timur Mahasiswa UGM Berharap Program Yang Dijalankan Bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat

KKN di Kutai Timur Mahasiswa UGM Berharap Program Yang Dijalankan Bisa Bermanfaat Bagi Masyarakat
Suasana Saat salah Satu Mahasiswa UGM Saat menyerahkan Plakat (Cindra mata) pada Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang

Sementara itu Wabup Kasmidi Bulang usai acara pelepasan menyampaikan KKN ini dilaksanakan oleh dua Universitas Terbaik di Indonesia, yaitu UGM Yogyakarta dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Harapannya para mahasiswa ini ketika terjun kemasyarakat bisa memberikan motivasi dan mendampingi masyarakat secara edukasi.

“Sehingga nantinya masyarakat bisa mudah mendapatkan informasi dengan program-program yang dilaksanakan adik-adik KKN,” ujar Kasmidi.

Baca Juga :  SFC Bakal Gelar Turnamen Memancing Tingkat Nasional » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim » Berita Kutim

Untuk itu, Kasmidi, ingin untuk mahasiswa UGM, KKN ini bisa berlanjut, mengingat Kutim memiliki 18 Kecamatan dengan 138 Desa dan 11 Desa Persiapan serta 2 Kelurahan.

Dalam kesempatan ini, Ultazam Hanifurrahman, perwakilan KKN UGM Yogyakarta menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan KKN-PPM UGM di Kutim yaitu untuk meningkatkan awareness masyarakat Kecamatan Kaubun terhadap potensi daerah yang dimiliki melalui pengembangan kreativitas, pemahaman, dan keterampilan berbasis teknologi.

Selain itu bisa memetakan langkah-langkah strategis yang meliputi pendekatan dan pemberdayaan terhadap masyarakat dalam rangka menemukan solusi atas persoalan minimnya inovasi dan penggunaan teknologi dalam proses produksi di level Home Industry untuk meningkatkan perekonomian di Desa Bumi Etam dan  Desa Bumi Rapak.

Baca Juga :  Sertifikat HKI, Antisipasi Pembajakan Hak Cipta Bagi UMKM

“Selain itu bisa mengengoptimalkan sektor-sektor unggulan Kecamatan Kaubun, seperti halnya Obat Keluarga (Toga), industri rumah tangga berupa industri tahu tempe, peternakan, perkebunan dan guna mendorong terciptanya ekosistem perekonomian yang kreatif, ramah lingkungan nan berkelanjutan,” ujarnya.

Lanjutnya, KKN ini diharapkan dapat mengintensifkan kualitas SDM sekaligus sumber daya lokal yang dimiliki Desa Bumi Etam Kaubun melalui pemanfaatan teknologi agar tercipta iklim sosial dan ekonomi yang mandiri.

“serta bisa mendorong sekaligus menyiapkan masyarakat Kaubun dalam hal perencanaan dan pengelolaan kegiatan perekonomian yang berbasis home industry serta pemanfaatan agriculture menjadi agrowisata Desa yang memperhatikan lingkungan dan keberlanjutannya, Pungkasnya.(vnt)