DTPHP Kutai Timur: Pasar Pangan Murah sebagai Pilar Ekonomi Petani

oleh -530 views
dthp

SANGATTA – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) turut serta menghadirkan berbagai produk yang dihasilkan oleh para petani binaannya, dalam kegiatan pasar pangan murah garapan Dinas Ketahanan Pangan(Diskepang), Selasa (17/10/2023).

Kali ini, produk pangan asal Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan sengaja dihadirkan DTPHP Kutim, dalam kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari. Yakni, mulai tanggal 17 hingga 20 Oktober mendatang di Halaman Kantor Diskepang, di Jalan AW Syahranie, Sangatta Utara.

Baca Juga :  Mulyono Targetkan Dua Permasalahan Disdikbud Kutim Tuntas

Kepala DTPHP Kutim, Dyah Ratnaningrum, menyatakan bahwa keterlibatan DTPHP dalam pasar pangan murah ini adalah bagian dari upaya untuk menstabilkan harga pangan sebagai respons terhadap inflasi. Langkah ini juga bertujuan untuk membantu memasarkan hasil produksi pangan dari petani yang telah mereka dampingi melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

“Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan bahwa para petani kami mampu menghasilkan beragam produk pangan, termasuk sayuran dan olahan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Hasna Sebut Seminar Pendidikan Politik Merupakan Sebuah Langkah Awal yang Baik

Lebih lanjut ia menerangkan, adapun produk yang dipasarkan dalam kegiatan yang dibuka oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman, yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kasmidi Bilang ini, sangat beragam dan bisa didapatkan oleh masyarakat dengan harga yang cukup terjangkau.

“Ada sayuran, telur yang berasal dari para petani yang kita bina. Termasuk produk olahan kuliner yang dikembangkan petani wanita kita yang dibina oleh PPL kami,” jelasnya.

Selain itu, Ratnaningrum memberikan apresiasi atas kegiatan ini yang merupakan bagian dari Pekan Bulan Pangan Gizi dalam Rencana Aksi Daerah Pangan Gizi (RAD-PZ) dan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Ia menyatakan kesiapannya untuk mendukung kembali kegiatan serupa jika diadakan di masa mendatang.

Baca Juga :  Zubair Beberkan Laporan Realisasi Anggaran pada Rapat Paripurna Ke 10

“Saya berharap pasar murah seperti ini bisa diadakan setiap bulan karena dapat menjadi wadah bagi petani dan kelompok tani untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat,” pungkasnya. (bk)