Diskop UKM Ekraf Kutim Dorong Produk UMKM Bisa Masuk Global Market

oleh -486 views
DSCF4651 scaled e1715348954275

Sangatta – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Ekonomi Kreatif (Diskop UKM Ekraf) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Teguh Budi Santoso, mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan upaya untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi yang ada di Kutai Timur.

Hal tersebut disampaikannya kepada awak media saat ditemui di Kantor Diskop UMKM Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, pada Senin (06/5/2024).

Baca Juga :  Rapat LKPJ Bupati 2022, Ini Ungkap Basti

Teguh mengatakan, pada tahun 2024 ini pihaknya akan memfokuskan program untuk memperkenalkan produk-produk UMKM Kutim ke luar pulau Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami telah melakukan beberapa kali pengawasan terhadap koperasi-koperasi yang ada di Kutai Timur, dengan harapan mereka menjadi lebih baik dan menuju ke arah koperasi modern sesuai dengan program pemerintah,” ujar Teguh.

Baca Juga :  Fraksi PPP Sampaikan Pemandangan Umum Fraksi Terhadap RAPBD Kutim TA 2024

Selain itu, ia juga mengaku bahwa pihaknya telah melakukan bisnis marching dengan membawa produk-produk UMKM Kutim ke luar wilayah Kaltim.

“Kemarin kami sempat ke Jogja membawa produk UMKM dan mendapat respon yang positif. Mudah-mudahan kedepannya bisa terjadi transaksi yang lebih banyak di masa mendatang,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Sebut Akan Ada Peningkatan Jalan Sawito

Dengan adanya produk UMKM dalam melakukan bisnis marching, Teguh berharap dapat terjadi omzet yang cukup besar dengan menyesuaikan selera konsumen. Selanjutnya, produk dari UMKM tersebut akan dilakukan standarisasi atau sertifikasi, dengan harapan dapat menjangkau pasar global.

“Harapannya supaya produk kita itu bisa menuju ke global market,” pungkasnya. (bk)