Di Launching Kemendagri Pada Peringatan Hari OTDA, Bupati Kutim Sebut Kovi Otda Layanan Pertemuan Melalui Metaverse » Berita Kutim

oleh -21 Dilihat
IMG 20220425 WA0064 scaled 1 1

SANGATTA – G-SMART. ID – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengikuti peringatan ke-XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 secara virtual di ruang Live Room Diskominfo Perstik, yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (OTDA), senin (25/4/2022).

Peringatan Hari OTDA ke-XXVI mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Untitled-1

Kegiatan ini dirangkai dengan simulasi Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda) dan Launching Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD).

Baca Juga :  Puncak Peringatan HKG PKK ke 50, Siti Robiah : PKK sebagai Gerakan Pemberdayaan Keluarga

Di acara ini turut dihadiri oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman, Danlanal Shodikin, Dandim 0909/KTM Heru Aprianto, perwakilan Polres Kutim, perwakilan Kejari, Kadis Kominfo Perstik Ery Mulyadi dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang diwakili oleh Suhajar Diantoro, Sekretaris Jendral Kemendagri mengatakan peringatan hari OTDA ini sebagai wadah pertemuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan refleksi pencapaian terhadap pelaksanaan kebijakan otonomi daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Kutim Sebut Lulusan SMK Salah Satu Aset Masa Depan

“Tujuan lain kegiatan ini adalah mengingatkan kembali atas komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel dalam memberi pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Usai mengikuti kegiatan ini Bupati mengatakan dimomen peringatan hari OTDA ini Kemendagri meluncurkan dua aplikasi yaitu SI LPPD dan Kovi Otda. Dimana aplikasi Kovi Otda mungkinkan untuk melakukan pertemuan-pertemuan dalam metaverse.

“Dengan Kovi Otda ini memudahkan atau seolah-olah bertemu muka dalam satu forum. Menurut saya ini satu kemajuan untuk lebih memudahkan para pejabat daerah dalam melakukan konsultasi, koordinasi dan penyampaian laporan tentang pemerintah daerah dan sebagainya,” ujar Ardiansyah.

Baca Juga :  Dukung Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Pemkab Kutim Teken Kesepakatan dengan Yayasan Hutan Tropis

Untuk diketahui, Kovi Otda adalah layanan konsultasi Virtual Pertama yang menggunakan Platform Metaverse (Spatial Room) Kovi Otda yang mana memfasilitasi layanan konsultasi seluruh Provinsi Kabupaten/Kota yang ingin Konsultasi Ke Ditjen Otda Kemendagri.

Dalam aplikasi ini setiap hari tersedia Pejabat Ditjen Otda yang bertugas dan siap melayani konsultasi Virtual seluruh Pemerintah Daerah. (G-S02)

Post Views: 16