Bupati Harap Semua Elemen Masyarakat dan Pemerintah Bersatu untuk Membangun Bangsa

oleh -393 views
WhatsApp Image 2023 05 22 at 14.37.06

Sangatta – Tanggal 20 Mei adalah peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang biasa dikenal dengan sebutan Harkitnas. Hari Kebangkitan Nasional ini muncul dari lahirnya organisasi Boedi Utomo yang merupakan organisasi pergerakan rakyat pertama di Indonesia. Peringatan Harkitnas setiap tanggal 20 mei ditetapkan oleh Ir. Soekarno pada tahun 1948.

Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran suatu bangsa yang muncul dari para rakyat terutama anak-anak muda. Mereka menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama masa penjajahan.

Adapun puncak peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115, di Kab. Kutai Timur dengan menggelar upacara bendera dengan mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit”, dan dilaksanakan pada 22 Mei 2023, yang bertempat di lapangan sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Senin (22/05/2023).

Baca Juga :  Lipan Gelar Buka Bersama dan Berbagi Sembako Serta Hampers

Dalam upacara tersebut, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman yang bertindak sebagai inspektur upacara, serta tampak hadir juga dalam upacara tersebut Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Forkompinda, Kepala OPD, dan undangan lainnya.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kasmidi Bulang dan Forkompinda, merasa bersyukur karena apa yang diamanatkan di harkitnas tahun ini, memberikan semangat dan spirit yang luar biasa, ditengah-tengah persoalan pandemi yang pertama, dan ditengah – tengah persoalan ekonomi global yang kurang begitu bagus

Baca Juga :  Anggota DPRD Kutim Apresiasi Pembangunan SPAM di Kecamatan Kaubun

“Akan tetapi indonesia sanggup keluar dari persoalan ini, bahkan tadi dengan tegas indonesia pertumbuhan ekonominya melebihi dari tahun-tahun yang lalu, dari 3,01% dan tahun ini naik menjadi 5.03%, ini menunjukkan performa yang bagus dengan semangat perjuangan bangsa indonesia, dengan semangat perjuangan para pelaku ekonomi kerakyatan yang menjadi barometer” ujar Bupati Ardiansyah.

Menurut Ardiansyah, yang paling penting adalah bahwa kondisi inflasi di Indonesia dinilainya cukup stabil, baik selama masa pandemi maupun dalam konteks ekonomi global. Dia percaya bahwa dengan kerja sama dari semua elemen masyarakat, Indonesia mampu mengatasi tantangan yang dihadapi, baik itu dalam menghadapi dampak pandemi maupun dalam menghadapi perubahan ekonomi global.

Baca Juga :  Arang Jau Berharap Lom Plai Tahun Depan Bisa Lebih Sempurna Lagi

“Yang terpenting bagaimana kita bisa mempertahankan ini dan seterusnya, agar bangsa dan masyarakat kita tidak masuk dalam keterpurukan ekonomi global, yang sekarang sedang melanda di berbagai belahan negara, termasuk juga di beberap negara eropa, seperti turki, ekonominya anjlok padahal saat awal pemerintahan itu bagus sekarang inflasinya hampir 100% bahkan diatas tercatat di bulan yang lalu” tuturnya.

Bupati berharap bahwa dengan semangat kebangkitan nasional, semua lapisan masyarakat dan pemerintah bersedia untuk bersatu dan bekerja sama dalam upaya membangun bangsa, terutama di wilayah Kutai Timur.(bk)