75 Pelaku Usaha Salon di Kutim Mengikuti Pelatihan Hair Salon Business 2023

oleh -559 views
IMG 20230619 WA0026

Sangatta – Sebanyak 75 pelaku usaha di bidang salon di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengikuti pelatihan Hair Salon Business 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim. Pelatihan ini berlangsung selama lima hari, mulai dari tanggal 19 hingga 23 Juni 2023.

Acara pembukaan pelatihan Hair Salon Business 2023 dihadiri oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah, beserta jajarannya. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kutim, TP PKK Kutim, Bhayangkari Kutim, Jalasenastri Kutim, Persit Kutim, serta undangan lainnya. Pembukaan pelatihan dilaksanakan di Ruang Meranti Kantor Bupati pada hari Senin (19/6/2023).

Baca Juga :  Usai Kemenangan Dramatis Atas Samarinda, Futsal Putra Kutim Bawa Pulang Medali Emas

Wakil Bupati Kasmidi Bulang memberikan apresiasi atas diselenggarakannya pelatihan Hair Salon Business ini. Ia menyatakan bahwa keahlian di bidang salon dapat menciptakan lapangan kerja baru, terutama bagi para pemula. Ia juga menganggap bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Dari pelatihan ini, kita berharap munculnya kreativitas dan bisnis yang dapat memberikan kontribusi pada perekonomian, setidaknya bagi peserta pelatihan, keluarga mereka, dan karyawan yang mereka pekerjakan,” ujar Kasmidi.

Baca Juga :  Atlet-atlet ISSI Kutim Berhasil Bersinar pada Seleksi Provinsi Balap Sepeda Kaltim 2023

Selain itu, Kasmidi juga menyampaikan bahwa keahlian yang diperoleh melalui pelatihan ini akan menjadi modal awal bagi para peserta untuk mengembangkan bisnis salon mereka sendiri. Ia mengimbau para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dan aktif dalam mengikuti pelatihan.

Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah, menjelaskan bahwa peserta pelatihan pada gelombang pertama berasal dari Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, dan Kaliorang. Setiap kecamatan diikuti oleh 15 peserta, sehingga total peserta dari keempat kecamatan tersebut mencapai 75 orang.

Baca Juga :  Sambut Hari Kemenangan, Pemkab Kutim Gelar Pawai Takbir

Dalam pelatihan Hair Salon Business ini, peserta akan belajar teknik-teknik profesional dari seorang hair stylist. Pelatihan ini mencakup periode lima hari, di mana mereka akan diajarkan tentang teknik pewarnaan rambut, meluruskan rambut, memotong rambut, serta diperkenalkan dengan peralatan-peralatan yang diperlukan oleh seorang hair stylist.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta di bidang salon dan membantu mereka dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan tercipta peluang kerja baru dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di sektor pariwisata di Kabupaten Kutai Timur.