Wabup Kasmidi Ceritakan Sejarah Awal Mula Lokal Market Sangatta Digelar

oleh -422 views
073518be a782 48df a8a5 6dcc2939c859

Sangatta – Ribuan warga Kutai Timur (Kutim) memadati lapangan heliped Bukit Pelangi, Sangatta, Kutai Timur pada pembukaan Lokal Market Sangatta yang ke-3. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kamis (20/7/2023) malam.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang menerangkan bahwa awal mula Lokal Market Sangatta digelar pada tahun 2019 di Town Hall, Swarga Bara, Sangatta Utara, Kutim, yang digagas oleh para kedai kopi. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pemula yang berusaha di berbagai bidang, terutama anak muda lokal dari Kutai Timur.

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Kutim Berikan Tanggapan terkait Serapan APBD 2024 yang Masih Minim

“Waktu itu digagas oleh para kedai kopi, kita ngumpul di salah satu tempat akhirnya tercipta ide adanya Lokal Market Sangatta,” ungkapnya

Lokal Market Sangatta memberikan wadah bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Kutai Timur untuk memperkenalkan dan menjual produk mereka. Melalui acara ini, diharapkan UMKM dapat bersaing di pasar yang lebih tinggi, bahkan hingga tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan pasar internasional.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus AJKT, Joni Ingatkan Agar Jaga Netralitas Politik

Kasmidi Bulang menyatakan bahwa acara ini tidak membatasi jenis usaha, selama produk yang dihasilkan dapat menghasilkan pendapatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penghasilan dan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM lokal.

“Kita tidak membatasi kegiatan itu, apapun usahanya yang penting menghasilkan uang, semoga Lokal Market Sangatta ini bisa menghasilkan income dan produk-produk yang luar biasa,” ujar Kasmidi.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal Market, Randi Jayana, menjelaskan bahwa tema dari Lokal Market Sangatta tahun ini adalah “produk lokal eksis, ekonomi bangkit”. Acara ini telah bekerja sama dengan 80 tenan UMKM lokal Kutim dari berbagai sektor usaha yang telah diverifikasi oleh tim Lokal Market.

Baca Juga :  Hardiknas, Joni: Pentingnya Dukungan Anggaran untuk Pendidikan

Selain warga Kutai Timur, acara ini juga menghadirkan bintang tamu dari Ibu Kota, Aldi Taher, dan Feby Putri, yang diharapkan dapat menambah semarak acara dan memberikan dukungan bagi para pelaku UMKM lokal.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa menghadirkan bintang tamu dari Ibu Kota, Aldi Taher dan Feby Putri,” imbuhnya. (bk)