TP PKK Kutim Ikuti Gertam Cabe Serentak, Tanam Cabe di 50 Ha Tersebar di Beberapa Tempat, Bupati: Tolong Pelihara dengan Baik

oleh -47 views
428710746 1098651498106125 7635989254041194302 n

SANGATTA – Tepat hari ini, Senin 4 Maret 2024 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaksanakan Gerakan Tanam (Gertam) Cabe.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak berdasarkan arahan Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian yang diikuti oleh seluruh TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 52 tahun.

Di Kabupaten Kutai Timur, pelaksanaan Gertam Cabe tersebut dipusatkan di RT 50 Gang Musholla, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Snagatta Utara.

Baca Juga :  Bukber Bersama HIKMA Kutim, Kasmidi Ajak Tingkatkan Solidaritas Sesama Warga

Gerakan tanam cabe turut dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Ny Siti Robiah Ardiansyah dan jajaran pengurus, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Dinas Tananaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum, perwakilan OPD terkait, Camat Sangatta Utara Hasduah, Lurah Telu Lingga Noorma, RT setempat serta undangan lainnya.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, ditemui usai penanaman cabe mengatakan, RT 50 dipilih tempat pelaksanaan tanam cabe serentak di Kutim, karena mendapatkan penghargaan RT Beragam untuk tingkat Kecamatan Sangatta Utara.

Baca Juga :  Teladani Sifat Nabi Muhammad SAW, Dishub Kutim Gelar Peringatan Isra Mi'raj

“Alhamdulillah kegiatan tanam menanam disini masih berjalan. Bahkan tidak hanya menanam, tapi juga membudidayakan ikan dengan kolam buatan dari terpal,” ucapnya.

Terkait dengan ketahanan pangan Bupati meyakini RT 50 sanggup memberikan yang terbaik kepada warganya. Bahkan untuk ikan sudah memenuhi pasaran yang ada di sekitar Sangatta.

“Dan untuk menanam hari ini bersama-sama kita menanam bibit cabe, mudah-mudahan ini bisa tumbuh dengan baik. Dan tolong ini dipelihara supaya nanti buah cabenya dimakan atau disambal,” pesan orang nomor satu di Pemkab Kutim ini.

Baca Juga :  Labu Madu Berhasil dibudidayakan Petani Sangatta Selatan

Dalam kegiatan ini didukung oleh Pemkab Kutim melalui DTPHP yang menyediakan lombok dan mulsanya serta didampingi oleh penyuluh pertanian.

“Ada sekitar 50 hektar yang ditanam cabe dan tersebar di beberapa tempat,” ungkap Ardiansyah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Ny Siti Robiah Ardiansyah menjelaskan kegiatan itu dilaksanakan secara nasional, dalam rangka memperingati HKG PKK ke 52 tahun.

“Gertam cabe ini juga diikuti oleh TP PKK Kecamatan di 18 Kecamatan Kutim. Diharapkan akan meningkatkan ketahanan pangan kita,” pungkasnya.