Salurkan Aspirasi, Ketua DPRD Kutim Lakukan Penyerahan Alat Kesenian Kuda Lumping untuk Kelompok Turonggo Seto di Bengalon

oleh -396 views
afc5d643 35fc 437a bf3c ae54805c19a2

Kutai Timur – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Joni, S.Sos, menyalurkan aspirasinya berupa alat kesenian kuda lumping kepada kelompok kesenian Turonggo Seto, Desa Persiapan Tepian Raya, Km 102, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kamis (23/11/2023).

Pada acara penyerahan tersebut, Ketua DPRD Kutim, Joni, menyampaikan bahwa kesenian kuda lumping adalah salah satu kesenian dan budaya warisan dari nenek moyang. Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat Bengalon tetap menjaga dan melestarikan kesenian tradisional tersebut, agar nanti kedepannya kesenian tersebut tidak punah dan bisa menjadi warisan budaya untuk para generasi berikutnya.

Baca Juga :  Kejari Kutim Siap Berikan Bantuan Hukum Kepada DPRD Kutim

“Kami berharap kepada masyarakat Bengalon, agar kesenian kuda lumping ini terus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah, karena merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita. Jadi, kita harus menjaganya untuk diwariskan ke anak cucu kita sebagai warisan budaya nantinya,” ujar Joni.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kutim itu juga menekankan pentingnya mendidik generasi muda untuk mengenal dan melestarikan seni budaya tradisional yang ada di Indonesia ini. Sebab, pada zaman seperti ini, para generasi muda mungkin sudah melupakan atau bahkan tidak mengetahui sama sekali tentang kesenian tradisional yang ada.

Baca Juga :  Fraksi Amanat Keadilan Berkarya Inginkan Pemkab Kutim Tingkatkan PAD

“Mari kita mendidik, melatih dan membimbing para generasi muda untuk lebih mengenal dan melestarikan seni budaya tradisional yang ada di Nusantara ini, agar kesenian tradisional seperti ini (kuda lumping) tidak punah,” tambahnya.

f29efcbd 0cf7 4989 b93c 3a965491dc4d
Ketua DPRD Kutim dan Kelompok Kuda Lumping Turonggo Seto

Sementara itu, Ketua kelompok kesenian kuda lumping Turonggo Seto beserta warga Kecamatan Rantau Pulung mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Kutim Joni, yang sudah meyempatkan waktunya untuk bisa hadir di tengah-tengah masyarakat dan menyerahkan bantuan alat kesenian kuda lumping tersebut secara langsung.

Baca Juga :  Disdikbud Kutim Gelar Implementasi Cap Jempol Program PNF di Ponpes Ibnu Katsir

“Tentunya hari ini akan menjadi sejarah yang tidak akan kami lupakan, kami kelompok kesenian kuda lumping Turonggo Seto beserta warga Kecamatan Bengalon, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Joni atas bantuannya,” ucap Ketua Turonggo Seto.

Acara tersebut ditutup dengan melakukan tanda tangan dan serah terima alat kesenian kuda lumping dari Ketua DPRD Kutim Joni, kepada Ketua kelompok kesenian kuda lumping Turonggo Seto.