PT PAMA Persada dan AJKT Gelar Pelatihan Sekolah Jurnalistik untuk Siswa SMAN 2 Sangatta Utara

oleh -387 views
34ea34b37cbc4c958a1d5d05341996b4 scaled 1

Sangatta – PT PAMA Persada bersama Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) menyelenggarakan pelatihan Sekolah Jurnalistik yang diikuti oleh ratusan siswa SMAN 2 Sangatta Utara. Acara ini dilaksanakan di Aula SMAN 2 Sangatta Utara, Kutai Timur, pada Selasa, 5 Maret 2024, pagi.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh pemateri dari AJKT, Qadlie Fachruddin Sulaiman, yang berhasil meningkatkan antusiasme dan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan.

Dalam acara tersebut, CSR Dept Head PT. Pamapersada Nusantara, Agung Dwi, menyatakan bahwa kegiatan sekolah jurnalistik ini merupakan kolaborasi antara PT PAMA Persada dan AJKT. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa-siswa binaan PT PAMA mengenai cara penulisan berita yang baik. Selain itu, kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang narkoba, HIV, dan keselamatan berlalu lintas.

Baca Juga :  TP PKK Kutim Ikuti Gertam Cabe Serentak, Tanam Cabe di 50 Ha Tersebar di Beberapa Tempat, Bupati: Tolong Pelihara dengan Baik

“Dengan diawal adanya bekal pelatihan jurnalistik, mereka bisa menangkap lebih materi-materi selanjutnya, kemudian materi yang mereka dapatkan bisa di sharing dan di bagikan ke teman-temannya yang lain. Bahkan mereka bisa mempublikasikannya dengan ketentuan kaidah publikasi yang baik yang sudah di ajarkan oleh teman-teman jurnalis AJKT,” ucap Agung Dwi.

Dia juga menyatakan bahwa PT PAMA tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pelatihan serupa di sekolah-sekolah lain, bukan hanya di sekolah binaan PT PAMA.

“Kebetulan SMAN 2 Sangatta Utara ini area terdekat dengan kami, tetapi kami juga kemungkinan besar akan merambah ke sekolah-sekolah yang lain, karena kegiatan ini memang setiap tahun rutin kita jalankan, biar semua bisa merasakan manfaat yang sama,” ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan pelatihan jurnalistik ini kedepannya, bisa terus berlanjut dengan kolaborasi antara PT PAMA dan rekan-rekan jurnalis terjalin dengan baik dan dapat melahirkan program positif yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga :  KPAD Kutim Gelar Seminar Perempuan

“Kami akan berkomitmen menjalankan program-program dari kami dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Qadli Fahruddin Sulaiman, sebagai pemateri dari AJKT, menjelaskan bahwa materi yang disampaikan kepada siswa-siswa SMAN 2 Sangatta Utara berkaitan dengan pengantar dasar dalam ilmu jurnalistik. Materi tersebut mencakup kode etik jurnalistik, teknik penulisan berita yang baik dan benar, serta cara mendapatkan data dengan tepat.

“Materi dasarnya itu terkait dengan kode etik jurnalistik, poin-poin dalam penulisan berita dan cara menulis berita dengan baik dan benar serta cara memperoleh data dengan benar,” ujar Qadli.

Melihat antusias dari siswa-siswi SMAN 2 Sangatta Utara, Qadli mengungkapkan antusiasnya sangat luar biasa dengan dibuktikan banyaknya tanggapan atau jawaban dari para siswa atas pertanyaan yang diberikan.

Baca Juga :  Bupati Kutim Sampaikan Saran dan Usulan di Musrenbang Kaltim

“Banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh mereka, sebagai satu antusias yang sangat baik dalam lebih mengenal dunia jurnalistik maupun cara menangkal hoax, yang mana sebagai bagian dari penyampaian materi,” ungkapnya.

Qadli juga mengapresiasi upaya dan langkah PT PAMA dalam meningkatkan literasi pelajar, mengedukasi masyarakat khususnya pelajar untuk aktif dalam penyebaran informasi, demi menangkal informasi hoax yang beredar.

“Saya dari AJKT memberikan mengapresiasi kepada PT PAMA atas kegiatan pelatihan jurnalistik ini,” sambung Qadli.

Terakhir, dia berharap PT PAMA dapat terus konsisten dalam melaksanakan program-program serupa, sehingga dapat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat.