Pemkab Kutim Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh -396 views
2eb441a6 8914 4bd9 90b2 3b7993c6c8f0

Sangatta – Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni oleh Republik Indonesia (RI). Setiap tahunnya, pemerintah Indonesia melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menetapkan tema dan logo untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mengadakan Upcara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, di Halaman Kantor Bupati Kutim, Sabtu (01/6/2024).

“Pada hari ini, tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” ujar Bupati menyampaikan pidato Kepala BPIP RI.

Baca Juga :  Puluhan Mahasiswa Kutim Kembali Gelar Unjuk Rasa Tahap Kedua

Bupati Ardiansyah menerangkan bahwa maksud dari tema pada upacara hari ini adalah, Pancasila merupakan pemersatu seluruh masyarakat Indonesia dengan segala bentuk perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” terangnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kutim Minta Jajaranya Agar Bersiap Untuk Vaksinasi

Dalam momen yang bersejarah ini, Bupati mengajak seluruh komponen bangsa untuk saling bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam segala aspek kehidupan.

“Baik itu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, masyarakat juga perlu sebuah keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, serta karakter pemimpin dan rakyat Indonesia.

Ardiansyah berharap, Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan dikarenakan perkembangan situasi global yang semakin maju dengan pesat.

Baca Juga :  Fraksi Golkar Sampaikan Pemandangan Umum Fraksi terhadap Dua Buah Raperda pada Rapat Paripurna ke-23

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik,” pungkasnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini turut dihadiri oleh Dandim 0909/Kutim, Lanal Sangatta, Perwakilan dari Kapolres Kutim, Perwakilan dari Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Pejabat Pemkab Kutim, serta Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri, mahasiswa, dan pelajar. (bk)